Business

Low (or Zero) Budget Marketing ala ActualBasic.com

Dalam hitungan beberapa hari saja, pengunjung web Actual Basic sudah mencapai ribuan. Bahkan pernah mencapai hampir seribu per hari. Alexa.com pun memasukkan website ini ke dalam rangking 700.000-an. Ini sebuah pencapaian yang mengesankan, kata web developer saya.

Terus terang, situasinya sangat berbeda dibandingkan ketika saya mulai memasarkan Manet secara online bulan September 2003 lalu. Ketika itu pesaing relatif tidak ada, cuma ada 2 brand ketika itu. Jika dibandingkan sekarang yang nyaris tak terhitung.

Sarana promosi yang saya gunakan ketika itu hanya mengandalkan iklan baris gratis yang saya pasang di berbagai website. Akibatnya, selain mendapatkan pengunjung yang jumlahnya hanya puluhan per hari, web Manet juga kebanjiran spam :). Namun hanya itulah yang bisa dilakukan, saya tidak tahu cara lain. Saya tidak tahu bahwa Google itu bisa dimanfaatkan. Saat itu juga tidak ada blog. Milis pun masih menjadi mahluk aneh buat saya.

Saya malah melakukan kegiatan kampanye offline dengan menggandeng Pak Tung Desem Waringin untuk membantu mempromosikan web Manet. Bagaimana dengan kondisi sekarang?

Sangat beda.

Wajar saja, kondisinya sudah beda jauh sekarang. Dulu, tidak ada yang mengenal Manet di jagat online. Sekarang, dengan adanya blog, Facebook, Twitter dan Komunitas TDA sangat memudahkan saya untuk mengkampanyekan brand baru ini. Alhamdulillah, hanya beberapa hari sudah banyak yang bergabung menjadi distributor.

Ini beberapa insight baru yang saya temukan dalam beberapa hari usia ActualBasic.com ini:

1. Bahwa Facebook adalah perujuk tertinggi ke website kita. Semakin banyak teman di Facebook, semakin tinggi kemungkinan pengunjungnya. Tadinya saya tidak berminat untuk membuka account satu lagi mengingat teman saya sudah hampir mencapai 5.000. Nampakya rencana ini akan saya batalkan 🙂

2. Blog adalah perujuk nomor dua setelah Facebook. Ternyata blog masih sakti. Makanya, jangan abaikan blog. Apalagi WordPress, sakti banget 🙂

3. Twitter ternyata kurang efektif sebagai perujuk ke website kita. Tapi cukup efektif untuk membangun awareness dan mendapatkan insight dari conversation. Banyak pencerahan didapat dari percakapan di Twitter.

Bagaimana dengan Search Engine Optimization (SEO)? Saya tidak melakukannya, karena saya memang kurang ngerti soal ini. Tapi, peran SEO sudah banyak digantikan oleh blog sebagai perujuk.

Bagaimana dengan pengalaman anda? Share dong ilmunya. Insya Allah, dengan saling tukar ilmu kita akan sama-sama bertambah “jurus”nya 🙂

NB: Saya juga memasang iklan di Detikhot dan itu menjadi perujuk utama pengunjung selain blog dan Facebook. Tapi tidak saya masukkan ke dalam tulisan karena itu termasuk lumayan budgetnya, meski pun saya mendapatkannya tetap dengan zero budget. Hehe…

Standar

21 thoughts on “Low (or Zero) Budget Marketing ala ActualBasic.com

  1. Ketika saya merombak situs shafira dan lamara 2 tahun yg lalu, saya menggunakan wordpress sebagai base dari website mereka (old web based on joomla).
    Wordpress memang sakti 🙂 terjadi peningkatan yang drastis dari pengunjung rata2 bulanan yang hanya berkisar 100-500 unique visitor (maksimum 700 unique visitor) perbulan menjadi rata2 7000+ unique visitor perbulan, ketika 1 bulan menjelang lebaran bahkan mencapai lebih dari 10000 visitor perbulan.
    Saya amati melalui google analytics, 60% traffic ke sana berasal dari google, yahoo dan bing.
    Setelahnya baru disusul oleh jejaring sosial facebook yang pada awalnya ditanggapi dingin oleh manajemen.
    Direct access ke webnya justru kecil.
    Kendala yg saya hadapi pada saat itu adalah banyak orang-orang ‘pintar’ melakukan exploit ke web dengan memanfaatkan bugs yang terdapat pada wordpress, tapi ini bisa ditangani dengan baik, dengan menggunakan teknik backup-restore.

    Suka

  2. 1. Untuk FB, sebaiknya buka fan page, bukan account friends lagi. Fan page efektif untuk menjaring calon pelanggan.

    2. Pasang iklan di FB juga efektif dan cukup murah; hanya Rp 200 per klik, kdang bisa Rp 100 per klik (bandingkan dengan Detik Adpoint yang kadang mencapai Rp 1500 per klik). Mungkin perlu juga pasang iklan di FB untuk awal-wal…..

    3. Btw, pencapaian visitor AB (actualbasic) bagus…..berarti sukses dlaam menciptakan buzz via FB dan blog ini.

    PS: latar blog ini warnanya kok agak ndak friendly ya….mungkin putih saja sebaiknya….

    Suka

    • Aha! Dapat lebih banyak jurus lagi. Akan saya coba. Terima kasih Mas.

      Soal buzz, sy memanfaatkan sedikit personal branding yg sy miliki di online. Hasilnya lumayan menimbulkan buzz….

      Saya menggunakan theme ala notepad-nya IPad. Maklum blm punya iPadnya :). Yang lalu saya jadi bosan juga krn terlalu plain…

      Tks mas atas masukannya

      Suka

    • Ya, saya memang pakai Detikhot, dan menghasilkan traffic signifikan, tapi tidak saya cantumkan karena itu termasuk lumayan budgetnya. Tapi saya bisa mendapatkannya dengan zero budget juga 🙂

      Soal SEO, ada saran mas?

      Tks

      Suka

      • seo actual basic agak miskin keywords; untuk keywords “busana muslim” cuma diketemukan 6 hal yg mana 5 hal berasal dari blog actual.

        landing page actual sudah sangat impresif, cuma karena basisnya image jadi miskin keywords. usulnya: coba tambahin keywords di page title dan body-nya.

        Suka

  3. Mantap pak Roni..Semoga Manet dan Actualbacic makin eksis dan laris..
    Menurut saya,SEO juga masih efektif pak, walaupun memang persainganya semakin sengit tp saya masih bs dapat sekitar 400-700 visitor/hari dr SEO
    Saya setuju juga dg mas Yodhia untuk saat ini iklan di FB masih lebih murah di banding di detik.com,malah pada saat awal2 saya iklan di FB bs dapat lebih dari 400 klik perdollar dan untuk saat ini masih sekitar 100 klik perdollar walaupun akan terus merangkak naik seiring semakin banyaknya peng-iklan sehingga biddingnya terus meningkat.
    Sedikit catatan,ternyata respon yg paling tinggi dari iklan FB adalah pembeli Ritel jadi lebih cocok untuk webstore ritel.
    Mksh

    Suka

    • Betul SEO masih sakti. Tapi berhubung saya kurang mendalami, jadi saya tidak terlalu mengandalkannya.

      Soal iklan di Detik vs FB, itu relatif. Yang penting selalu diukur dan dibandingkan efektivitasnya.

      Soal pembeli ritel di FB, itu betul. Tapi saya dapat juga pembeli grosir dari sana

      Suka

  4. Selamat yah Pak,

    Bapak sudah jadi panutan bagi anggota TDA , so bisnis apapun yang ter-create dr tangan Pak Roni insyaAlloh pasti meledak karena Bapak sudah punya Crowd ..hehehe..

    Facebook memang paling fenomenal pak, kami juga merasakan sekali dampaknya.. untuk awal awal masih pakai google adwords tapi sekarang sudah tidak perlu lagi.alhamdulilah.

    selain itu juga submit ke directory directory internet, seperti DMOZ.org ,dll ..
    efek hasilnya baru kelihatan 1 bulan kedepan , tapi gratis ..dan lumayan.

    makasih, wassalam

    Suka

  5. Saya sangat setuju dengan pengurutan yg Pa Roni buat, Facebook memang yg paling efektif untuk menciptakan buzz. Saya sendiri juga merasakannya… btw pa Roni masih belum confirm FB saya… hehe 🙂 FB saya Vid Ardi (ardigucci1). Salam, Havid

    Suka

  6. Purwadi berkata:

    Setuju dengan Pak Roni. WordPress memang sakti ! baru 3 bulan alexa rank http://grosirsepatusafety.wordpress.com udh 480.000. traffic memang masih sepi rata2 cuma 100pengunjung/hari karena emang baru 10% saja “keluar keringat” memakai jasa yang gratisan. Tapi dari 10% ini ternyata adalah pengunjung yang memang “berniat” membeli barang yang dicarinya, terbukti setiap hari nyaris ada orang pesan ada yang satuan ada juga yang grosiran sampai ratusan. Sampai2 saking sibuknya di off line melayani pesanan malah tidak sempat untuk melanjutkan “keluar keringat” agar lebih dari 10%.

    Suka

Tinggalkan Balasan

