Uncategorized

Memulai Bisnis Toko Online, Murah atau Mahal?

Dari banyak diskusi dan ketemu pelaku maupun konsultan, 2 pertanyaan ini selalu muncul.

Ada kubu yang berpendapat bisnis (toko) online itu murah.

Ada juga kubu yang berpendapat sebaliknya. Kubu ini tidak setuju kalau bisnis toko online itu disebut murah dengan segala alasannya.

Saya bicara fakta saja. Ini yang saya alami dan saya saksikan.

Saya mulai toko online tahun 2003 dengan modal tidak sampai Rp. 1 juta. Untuk biaya domain 90 ribuan, biaya hosting 500 ribuan. Websitenya saya buat sendiri, pakai template Microsoft Publisher. Dalam sekejap jadi, langsung upload dan bisa jualan.

Alhamdulillah dalam sehari sudah closing alias terjadi penjualan, nilainya 2 jutaan dan keuntungannya langsung menutupi biaya modal awal tadi. So, murah atau mahal? Dibandingkan dengan apa? Kalau dibandingkan dengan biaya sewa toko di Tanah Abang ketika itu yang sampai 80 jutaan, ya jelas sangat sangat murah.

Teman-teman saya di Komunitas TDA banyak yang berjualan lewat blog gratisan. Tampilannya gak profesional. Tapi jangan salah. Omzetnya bisa ratusan juta per bulan.

Dari cerita di atas bisa disimpulkan, memulai bisnis toko online itu murah atau mahal?

Murah! Bahkan bisa gratis.

Pertanyaannya, lantas apa yang diperlukan supaya toko online bisa sukses?

Kesungguhan. Man jadda wa jada, siapa yang bersungguh-sungguh pasti sukses, mengutip kata-kata di novel Negeri 5 Menara.

Bersungguh-sungguh dengan stok barang.

Bersungguh-sungguh dengan pelayanan.

Bersungguh-sungguh dengan marketing.

Bersungguh-sungguh menjalankan ide dan strategi bisnisnya.

Bersungguh-sungguh dengan semua yang penting-penting untuk
mensukseskan toko online kita.

Bagaimana dengan ilmu-ilmu mengelola toko online yang sekarang ini banyak diseminarkan, ditrainingkan dan dibukukan itu? Ya, semuanya penting, asal dipraktekkan dengan sungguh-sungguh.

Kebanyakan toko online gagal bukan karena produknya nggak laku atau webya kurang canggih, tapi karena pengelolanya nggak serius. Itu saja.

Standar

25 thoughts on “Memulai Bisnis Toko Online, Murah atau Mahal?

  1. Pak Roni,
    Saya koment dengan melihat dari sisi produknya yang unik dan marketnya industri.

    saya awalnya bisnis offline, engineering di control system. awalnya jual dari pabrik ke pabrik. setelah kenal dgn tda jaksel terpengaruh juga untuk membuat toko online http://www.plcshop.co.id. menurut saya yang menjalaninya adalah Murah dan bagus kalu dibandingkan kita nggak ada bisnis sama sekali

    Awalnya menarik, ada permintaan dan pembelian. problemnya saya melihat ini tidak konsisten karena sifatnya menunggu sehingga prosesnya lama dan pendapatannya menjadi tidak stabil. kondisi ini membuat kita terhambat gerak expansinya
    Mulai dilakukan penetrasi di semua iklan gratis, kaskus, indonetwork, email campaign. tetap saja hasilnya tidak stabil. maka online ini menjadi mahal, setelah saya harus menempatkan engineer, sekali-kali harus visit, dan jadilah bisnis ini online dan offline bercampur aduk

    Suka

  2. laura khalida berkata:

    Kalo blog gratisan, bagaimana menyasar segmen yg tepat sasaran, krn kalo pake cara spam imel/inbox, banyak yg tidak suka. Apakah perlu mengiklankan blog kita?

    Suka

    • Tergantung ide awal dan model strategi bisnisnya. Nanti akan saya coba jawab juga di tulisan mendatang. Tulisan ini hanya awalan saja, untuk memancing brainstorming

      Suka

  3. mbak brien berkata:

    sip pak roni…
    setujuuuuuu…
    saya punya online shop via FB. baru buka awal tahun ini. alhamdulillah, omsetnya terus naik..
    minim modal, minim resiko… I love online shop…

    Suka

  4. mbak brien berkata:

    Butik Cantik pak.. jualan tas, dompet, jam, kaos. semua branded.
    dengan menggunakan fasilitas FB yg gratis, kita bisa menawarkan dagangan2 kita. katalog dr supplier kita aplut. klo ada yg order, bayar dl ke kita baru kita byrkan ke supplier. cash keras. tidak ada konsinyasi. barang lgs dikirim supplier ke cust kita. dan kita tinggal itung labanya saja. hehehe…

    minim modal, minim resiko, ga perlu repot. benar kan pak?

    begitu cintanya saya dengan online shop, saya bikin lg yg kedua, Butik Batik. baru 2 minggu jalan di blokir FB dengan sukses.. ya sudah… bikin lagi saja. wong gratis ae.. hehehe…

    klo saya aktif di FB, suami sy aktif di eBay. sama, buka lapak juga. sistemnya sama juga. tp klo di eBay memang hrs hati2 krn banyak aturan mainnya.

    intinya semua sama, dimanapun, jualan online lebih mengasyikkan dan lebih menghasilkan..hehehe…

    terimakasih pak roni atas status2nya yg sangat menginspirasi..

    Suka

    • Menarik. Menarik. Inspiring juga buat saya.

      Yang penting konsep dan model bisnisnya. Income streaming-nya dari mana. Soal web, blog, FB, Kaskus atau eBay hanya media atau toolsnya. Yg penting man (or woman) behind the gun-nya πŸ™‚

      Terima kasih.

      Salam sukses selalu…

      Suka

  5. Ping-balik: Memulai Bisnis Toko Online, Murah atau Mahal? Β« Business and Beyond | Iklan baris langsung pasang tanpa pendaftaran

  6. Robi berkata:

    Menurut saya murah bang roni,..sejak 5 bulan yang lalu saya terapkan bisnis online,..dari bisnis saya yang bergerak dalam bidang komputer bekas,..alhamdulilah,..sejak saya beriklan online,..orderan selalu ada,..bahkan omzet meningkat drastis,.. dan bisnis saya sekarang stabil,..dan yang bikin murah,..tidak ada tagihan iklan dari media manapun,..karena iklan di internetnya 100% gratis,..cuma bayar pulsa internet aja,..itu juga nggak ngilan aja,..sambil facebookan,..sambil baca koran online dll.

    Suka

  7. sepakat pak,
    saya memulai toko online dari jualan produk lain.
    alhamdulillah. hasilnya lumayan.
    karena hasilnya lumayan, akhirnya kami putuskan mbikin sendiri pak,
    http://rumahmufida.com semua murni online, di support dengan beberapa iklan
    alhamdulilah di akhir tahun pertama bisa 50-an lebih agen dan distributor.
    tahun kedua ini juga cukup bagus pertumbuhannya.
    mungkin pak Roni masih inget ketika saya memulai ini,
    banyak konsultasi ke pak Roni, thx atas bimbingannya pak.

    ini juga mau rilis saudaranya.. mufida (nama anak pertama)
    brand-nya husna (anama adiknya mufida) insyaAllah pekan ini rilis web-nya
    domain sudah ada. http://rumahhusna.com πŸ™‚

    yang pasti online banyak menurut saya murah dan efektif.
    1. saya buat sendiri situsnya
    2. sedikit tahu ttg SEM
    3. dukungan komunitas
    4. niche yang di pilih juga ‘diterima’ u/ di onlinekan

    thx.

    – arif@bdg

    Suka

  8. Ping-balik: Memulai Bisnis Toko Online, Murah atau Mahal? Β« Business and Beyond | 10 Web Jaringan Iklan Baris Gratis

  9. Benar pa Roni, murah bangets…. peluang pendapatan melebihi bisnis offline dengan jenis bisnis yg sama. Tanpa biaya sewa toko, service charge, dll. Saat ini saya sedang merintis, kendalanya karena masih baru adalah tenaga sdm untuk menjalankan ini dan itu belum ada (masih single fighter), selain itu saya masih dalam tahap pengujian konsep. Mudah2an bisa sukses…. doakan ya Pak, supaya bisa sesukses Pak Roni πŸ™‚ .

    Salam Sukses tuk semua.
    NB.: Inspirasi bikin toko online-nya dari rubrik koran Republika, yaitu rubrik gaya hidup tanggal 23 Desember 2006 halaman 22. Dengan judul : “Berbisnis Lewat Internet”. Saya kliping dan simpan selama 4 tahun, dan akhirnya .. alhamdulillah terwujud juga tahun ini. Thq to Pa Roni, karena isi rubrik itu membahas bisnis onlinenya Pa Roni dan inpirasinya juga dari Bapak. πŸ™‚

    Suka

    • Wah, saya sendiri lupa tuh dengan liputan di Republika itu :). Terima kasih, ternyata itu telah menginspirasi.

      Di dunia bisnis online seperti ini perkembangannya cepat sekali. Saya memang memulai lebih dulu, tapi bisa jadi anda tumbuh lebih cepat daripada saja, dan itu terjadi di mana2.

      Selamat dan sukses dengan bisnisnya.

      Suka

  10. Wah keren2 pak, sebetulnya saya sih cuman tukang buat toko online aja, alias webddesigner dan web admin. tapi akhir ini karena ingin istri biar bisa kerja dr rumah aja, saya membangun web sendiri namanya cozymart.net. eh setelah membangun cozymart.net kok banyak temen2 komunitas yang mau juga di bikinkan, ya akhirnya cozymart.net saya rubah fungsinya menjadi web induk toko online, agar semua teman2 dan yang lainnya bisa juga berjualan online. itung membantu negara mengatasi masalah pengangguran, selain itu juga bentuk tanggung jawab sosial. karena bisanya saya begini ya, saya sumbangsih apa yang saya bisa. oh ya bagi rekan2 yang mau bisnis online dan gag begitu banyak mengeluarkan modal coba dulu kunjungi Cozymart.net .. di situ anda bisa mendaftarkan toko online anda secara gratis. sekarang tinggal cari modal aja buat barang dagangannya. semoga deh semuanya lancar selalu.

    kutipan bapak yang buat toko online dengan sungguh2 itu semakin memotivasi aku untuk meneruskan projek ini, cos dah 2 bulan nih baru kelar webnya :). makasih pak sudah sharing. semoga di beri kelancaran rejeki.

    Suka

  11. waaaw.. sy lagi merintis kerja sama ama konveksi pakaian, sy yg mengonlinekan, di harapkan soal harga bisa kompetitif ama tanah abang. sy jg menerima pesanan korden vitrase dengan model bagus. salam kenal buat boznya dweh

    Suka

  12. Agus berkata:

    Selamat malam pak??
    saya mau tanya gimana cara mengonlinekan websitenya?
    saya juga bikin dari ms pubhliser 2003 dan sudah jadi, tapi bingung untung meng online kannya.
    terima kasih.
    ditunggu jawabannya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

