Life, Minimalism

Life is About Giving a Meaning

Habis shalat Subuh, sambil menunggu anak-anak bangun, aktivitas saya adalah update informasi dulu di Twitter. Seperti sudah saya duga, time line dipenuhi oleh status teman-teman yang nonton semi final Piala Dunia. Ternyata Spanyol yang menang. Good.

Saya juga mengecek time line dari para “guru” yang saya ikuti. Wayne Dyer adalah salah satu favorit saya dan biasanya ia selalu meng-update statusnya menjelang pagi begini.

Mata saya tertegun untaian kata-katanya yang merasuk ke dalam pikiran dan jiwa saya.

“The measure of your life will not be in what you accumulate, but in what you give away”

Ini mirip dengan kata-kata bijak favorit saya dari Sir Winston Churchill, ” We make a living by what we get, we make a life by what we give”.

Ternyata live is about giving. Bukan having.

Sementara harus diakui sebagian besar kita, termasuk saya masih menganggap live is about having.

Harta yang kita miliki, ilmu yang kita kumpulkan, sebenarnya untuk apa? Apa artinya semua kepemilikan ini? Apa maksud Tuhan dengan semua titipan ini?

Live is about giving a meaning, kata Anthony Robbins. Di akhir pencarian, kita akan bertanya, apa arti dari keberadaanku di dunia ini?

Untuk apa Tuhan hadirkan aku ke dunia ini?

Apa misiku di dunia ini?

Apakah hanya untuk diri dan keluargaku saja?

Apa yang bisa kuberikan kepada orang banyak, kepada dunia?

Apakah keberadaanku di dunia ini bisa membuat dunia ini lebih baik?

Warisan apa yang akan kutinggalkan untuk dunia kelak?

Daftar pertanyaannya bisa panjang….

NB: Mungkin ini adalah salah satu aktivitas yang menurut saya memberi “meaning” itu

Standar

8 thoughts on “Life is About Giving a Meaning

  1. Utam berkata:

    Bener Pak, saya setuju. Hidup memang lebih berarti dengan memberi dan berbagi.
    Seperti bapak yang selalu berbagi banyak pengalaman dengan orang lain.

    Suka

  2. Dike berkata:

    Satuju bana, tulisan-tulisan uda yang membuat ambo semangat terus dalam usaha peralihan dari TDB ke TDA. Ambo berharap bisa bertemu langsung dengan uda. Teruslah selalu sharing ilmu-ilmunya da. karena tidak semua orang sukses mau berbagi ilmu dan pengalamannya kebanyakan hanya disimpan untuk dirinya sendiri.

    Suka

Tinggalkan Balasan

