Uncategorized

Pelatihan Reparasi Handphone Angkatan Kedua bersama Actual Basic dan Institut Kemandirian

Alhamdulillah, kalau kita membuat langkah pertama, insya Allah akan diikuti oleh langkah kedua.

Pelatihan Reparasi Handphone gratis bagi remaja di RW 04 Pademangan Barat telah memulai langkah barunya dengan membuka angkatan kedua kemarin dan berlangsung selama 2 pekan ke depan.

Dua puluh orang peserta kali ini datang tidak hanya dari RW 04 dan 06 seperti sebelumya, tapi sudah mencakup 5 RW, yaitu 02, 03, 04, 05 dan 06. Gaung kegiatan ini juga sudah didengar oleh pihak kelurahan, terbukti dengan hadirknya ketua Dewan Kelurahan Pademangan Barat.

Ini juga menandai kolaborasi kedua antara kami (Actual Basic dan Manet) dengan Institut Kemandirian Dompet Dhuafa dan Komunitas TDA. Acara kemarin sekaligus menandai lahirnya Actual Basic, brand baru kami.

Mendengar laporan dan cerita dari angkatan pertama, cukup membuat bangga dan senang hati. Sebagian alumni yang notabene adalah para pengangguran sudah mulai mendapatkan penghasilan sendiri. Tidak hanya itu, mereka pun sudah bisa membantu keuangan keluarga mereka. Maklum, rata-rata mereka berasal dari keluarga kurang mampu. Itu sangat membahagiakan kami.

Bahkan ada 2 orang di antara mereka yang sudah sanggup mencicil motor sendiri. Subhanallah. Padahal, 5 bulan lalu mereka belum
berpenghasilan sama sekali.

Cerita-cerita seperti ini yang membuat saya terharu dan bersemangat untuk melanjutkan program ini. Sedikit sumbangan yang telah kami berikan itu ternyata telah mengubah kehidupan mereka.

Mereka yang tadinya menganggur, menghabiskan waktunya dengan harapan yang makin memudar, kini seperti terlahir kembali, mereka menjadi lebih optimis menatap masa depan. Semangat hidupnya bangkit kembali. Terlihat jelas dari perbedaan sikap dan tingkah laku mereka sebelum dan sesudah pelatihan.

Kebahagiaan yang saya rasakan ini sulit diungkapkan dengan kata-kata. Rasa bahagianya berbeda dengan mendapatkan materi.

Semua ini terlaksana atas perkenanan Allah melalui kolaborasi yang sangat indah antara semua pihak yang terlibat. Saya menyampaikan terima kasih kepada Bang Zainal Abidin dan timnya dari IK, Dede Syaefuddin dan timnya selaku koordinator lapangan yang luar biasa dedikasinya, Iim Rusyamsi, sahabat kecil saya dan sekarang bersama saya membangun Komunitas TDA, adik saya, Ihsanul Takwim yang telah mengetuk hati saya untuk melakukan ini dan semua pihak yang perannya saling melengkapi.

Ikhtiar ini memang masih kecil dibandingkan dengan besarnya tantangan yang ada di depan mata. Salah satunya adalah Narkoba. Jerat narkoba seperti mengepung anak-anak muda di sana. Kekuatannya dahsyat sekali, sistimatis dan masif.

Kegiatan ini kami lakukan berdasarkan riset kecil-kecilan dan diskusi dengan warga. Fakta yang memprihatinkan, ada 20-an generasi muda di lingkungan ini berada di tahanan gara-gara narkoba. Setiap hari korban baru masuk ke dalam jeratannya dan rata-rata adalah remaja lepas sekolah yang sebagian besar menganggur.

Sekali ikhtiar ini sangat kecil kekuatannya dibandingkan tantangan yang ada. Namun, seperti kata-kata bijak, lebih baik menyalakan lilin ketimbang mengutuki kegelapan. Itulah yang kami lakukan dengan berharap terjadinya mukjizat Allah yang akan membalikkan kondisi ini.

Iklan
Standar

4 thoughts on “Pelatihan Reparasi Handphone Angkatan Kedua bersama Actual Basic dan Institut Kemandirian

  1. Ping-balik: Mie SEHATI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s