Uncategorized

Berbisnis untuk Melayani

Beberapa tahun lalu saya bertemu seorang ibu pengusaha sukses berusia 50-an.

Rumahnya sangat besar di bilangan Pluit sana. Dua kavling dijadikan satu rumah. Bayangkan, betapa besarnya.

Anak-anaknya sudah lulus semua dari universitas luar negeri.

Ibu ini sudah punya segalanya, menurut kacamata saya.

Saya bertemu dia dalam rangka penjajakan bisnis.

Ia begitu bersemangat menjawab pertanyaan dan permintaan-permintaan saya. Saya berpikir, kok ibu ini begitu bersemangat, seolah-olah masih seperti orang yang “butuh duit”. Padahal yang lebih butuh itu saya 🙂

Akhirnya perbincangan kami sampai pada “alasan” kenapa dia seperti itu.

“Saya ini berbisnis bukan untuk saya lagi, tapi untuk menghidupi ibu-ibu binaan saya.

Ada ratusan ibu-ibu yang saya ajari menjahit, memasang kancing, membuat kerajinan dan sebagainya untuk membantu ekonomi keluarga mereka”, jawab ibu ini.

Saya termenung.

Saat itu, level bisnis saya masih struggle untuk kesejahteraan diri dan keluarga saya. Belum bisa dikatakan untuk “melayani” seperti ibu itu.

Pertanyaan saya, kapan saya bisa punya visi seperti itu? Apakah setelah usia 50 atau sekarang?

Vijay Eswaran di buku Dalam Dunia Keheningan menulis: Tidak peduli berapa pun banyaknya uang yang anda hasilkan, betapa pun tingginya kedudukan anda di perusahaan anda, betapa pun terhormatnya anda sebagai pengusaha, atau betapa pun hebatnya anda sebagai orang tua, kualitas anda akan diukur oleh kualitas PELAYANAN anda.

Kunci terpenting dari semua kesuksesan hidup; layanilah orang lain dan kualitas kehidupan anda sendiri akan meningkat pesat.

Rayakanlah kehidupan setiap harinya dengan melayani orang lain melalui berbagai cara.

Saya belajar banyak dari ibu di Pluit itu.

Standar

6 thoughts on “Berbisnis untuk Melayani

  1. Ass wr wb, Pa Rony…postingan Blog Pa Rony selalu menjadi santapan saya setiap hari. Terus menulis Pa, agar kami selalu termotifasi untuk TDA.

    Pa Rony, saya ada pertanyaan. Alhamdulillah saat ini saya ada kompeksi kecil2an, saat ini kami mengerjakan penjahitan untuk boneka dan juga beberapa merek busana muslim. Kiranya Pa Rony mau untuk berbagi rizki untuk memberikan kami orderan menjahit MANET. Dalam istilah pebisnis Tionghoa CIENTIEN. Untuk kualitas insyaAllah akan kami jaga, dan alhamdulillah sampai saat ini customer kami puas. Untuk order kami berikan layanan antar-jemput.

    Terimakasih Pa Rony..

    Andrianto
    andri_13d@yahoo.com
    08 170845 923

    Suka

  2. Tertohok pas di ulu hati saya pak …visi seperti itulah yang saya perjuangkan di Bisnis saya. Tapi memang hal seperti itu tidaklah mudah…apalagi ketika kemudian pada frase yang memang kita dalam keadaan jatuh…logikanya kita yang butuh di layani. Tapi insya allah tidak mudah bukan berarti tidak bisa khan pak? dengan niatan tulus Allah pasti bukakan jalan buat kita. Sukses Pak Roni…

    Suka

Tinggalkan Balasan

