Uncategorized

Andrea Hirata dan Genre Sastra Motivasi

Menurut saya, karya-karya Andrea Hirata masuk dalam genre baru sastra Indonesia. Genre sastra inspirasional dan motivasional. Ini istilah saya saja.

Bagi anda yang terbiasa membaca buku-buku self development, pasti setuju dengan pendapat saya ini.

Saya mendapatkan pencerahan mengenai kekuatan impian dari novel Sang Pemimpi.

Pernah nonton The Secret? Mirip sekali dengan novel Edensor.

Bedanya, buku-buku self development itu bahasanya “kering” dan “to the point”. Sedangkan karya sastra itu muter-muter dan point-nya itu multi tafsir.

Beda pembaca, beda penafsirannya.

Membaca novel sastra bagi saya seperti menikmati jazz yang penuh improvisasi. Saya tidak peduli judul lagunya apa, atau endingnya seperti apa. Yang penting adalah menikmati improvisasi para musisinya, prosesnya.

Membaca karya-karya Hirata, saya tidak mempedulikan ending ceritanya. Bagi saya keindahan gaya bertutur sang penulis itu adalah sebuah keasyikan tersendiri. Bahkan bisa membawa ke ekstase! 🙂

Cobalah selingi bacaan-bacaan bisnis kita dengan novel-novel sastra seperti ini, untuk mengusir jenuh.

PS: Saya juga memasukkan karya-karya Habiburrahman El Shirazy, Ahmad Fuadi dan Paulo Coelho ke dalam genre ini. Novel-novel mereka termasuk koleksi “must read”.

Standar

2 thoughts on “Andrea Hirata dan Genre Sastra Motivasi

Tinggalkan Balasan

