Uncategorized

Tony Hsieh yang Nakal, Pembosan Namun Tahu Apa yang Ia Mau

Itulah kesimpulan saya setelah membaca bab awal Delivering Happiness, sebuah semi memoar yang ditulis pendiri Zappos, Tony Hsieh.

Zappos, perusahaan yang dirintisnya 10 tahun menghebohkan dunia dengan penjualan senilai 1,2 miliar dollar ke Amazon.com

Beberapa temuan menarik saya di antaranya:

– Saat kecil ia adalah seorang anak nakal namun cerdas. Selalu bereksperimen, terutama soal “making money”. Ia nekat dan berani, tipe pemikir otak kanan.

– Bakat dagangnya sudah diasah sejak dini, sejak SD. Dilakukan secara elegan tanpa memberontak dengan keinginan orang tuanya yang ingin ia menjadi dokter atau akademisi.

– Ia tahu apa yang ia mau dan apa yang tidak ia mau. Ketika ingin punya uang 10 dollar, maka ia kejar. Ia tidak ingin bekerja di tempat yang membosankan, maka ia keluar dari Oracle yang bergaji 40.000 dollar tanpa persiapan apa pun.

– Ia pembosan dengan hidup dan pekerjaan yang monoton dan tidak menantang. LinkExchange yang didirikannnya beberapa tahun dijualnya kepada Microsoft seharga 265 juta dollar hanya karena bosan dan ingin tantangan baru.

– Ia juga pemalas, tapi punya imajinasi tinggi. Ia tidak mau banyak belajar, tapi mampu berprestasi gemilang dengan menggunakan imajinasi dan kreativitasnya.

Pribadi yang luar biasa.

Iklan
Standar

8 thoughts on “Tony Hsieh yang Nakal, Pembosan Namun Tahu Apa yang Ia Mau

  1. Salam kenal Pak Roni, saya termasuk pembaca rutin blog bapak..selalu “bergizi” posingannya πŸ™‚

    posting yang sangat menarik pak, dan kalau boleh sedikit menambahkan dari buku Delivering Happiness ini adalah kemampuan leadership Tony yang OK dalam membangun Zappos menjadi perusahaan yang berbudaya kuat, egaliter, berusaha memberikan pengalaman terbaik baik bagi pelanggan ataupun karyawan. Yang saya ingat adalah quote “kejarlah dan wujudkan misi yang mulia maka keuntungan akan mengikuti dengan sendirinya”,

    Salam sukses

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s