Uncategorized

Keselarasan Bisnis Suami Istri

Ada fenomena menarik di Komunitas TDA.

Ada member yang bisnisnya melejit bak mobil meluncur di jalan tol tanpa hambatan karena dikendalikan oleh suami istri yang kompak.

Di sisi lain, ada juga member yang bisnisnya jalan di tempat atau maju mundur lantaran dikelola oleh suami istri yang tidak kompak.

Coba bayangkan situasi ini. Mobil anda terperosok ke tepi sungai. Beberapa orang ingin membantu mengeluarkannya.

Namun, mereka tidak kompak, tidak ada arahan. Yang satu menarik ke depan, yang satu menarik ke samping kiri, yang lain ke kanan, ada juga yang malah ke belakang.

Terjadi ketidakselarasan.

Seperti itulah bisnis yang dikelola secara tidak selaras antara pengelolanya. Si suami ingin ke kiri, istri ke kanan.

Akhirnya, ibarat prajurit mau berangkat ke medan perang, sudah mati duluan di rumah sebelum sampai di medan pertempuran.

Keselarasan pengelolaan antara suami dan istri itu sangat penting. Makanya, kenapa bisnis suami istri itu lancar dan nyaris tanpa gangguan itu karena adanya keselarasan tadi. Rumus 1 + 1 tidak lagi menjadi 2, tapi bisa 3, 5, 100, bahkan unlimited. Hal sebaliknya juga bisa terjadi, jika terjadi ketidakselarasan 1 + 1 bisa jadi minus, bahkan prahara.

Saya juga mengelola bisnis bersama istri. Memang tidak mudah pada awalnya. Perbedaan pendapat dan cara selalu terjadi. Jika salah satu salah mengambil keputusan, biasanya diikuti dengan saling menyalahkan. Energi dan emosi terkuras secara tidak produktif.

Namun, seiring perjalanan waktu, kami makin dewasa, wise. Mulai bisa menerima kekurangan dan kelebihan pasangan. Perbedaan, jika dikelola dengan bijak, bisa jadi rahmat juga.

So, buat teman-teman yang bisnisnya berdua denan istri tapi masih belum kompak, cobalah selesaikan persoalan mendasar ini dulu. Setelah selesai, insya Allah bisnisnya akan melesat tanpa hambatan berarti.

Iklan
Standar

4 thoughts on “Keselarasan Bisnis Suami Istri

  1. absen pak,
    saya termasuk yang jalankan usaha sama istri. disisi lain saya ada usaha yang mulai jalan sebelum nikah..alhamdulilah yang kami kelolo dengan istri cukup baik berjalan. ini tahun kedua bisnis tsb, lagi mo niru pak Roni dengan mencreate sister Manet
    pekan ini rilis insyaAllah, mohon do’anya pak..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s