Uncategorized

Mereka yang Telah Menemukan “Kunci” di TDA

Kemarin, istri saya bertelepon dengan sepupunya yang tinggal di Medan dan bekerja di sebuah perusahaan otomotif terkemuka.

Istri saya mengabari tentang rencana kami sekeluarga berkunjung ke sana pekan depan.

Sepupu itu langsung menebak, “Ini acara TDA ya?”.

“Bukan”, jawab istri saya.

Saya diundang untuk sharing di seminar bisnis online yang
diselenggarakan oleh Juale.com dan Telkom. Saya ajak keluarga sekalian karena ingin jalan-jalan juga.

Sepupu itu pun bercerita mengenai “kehebatan” nama TDA yang telah mengubah hidup teman sekantornya. Temannya ini sekarang sudah resign dan memiliki show room mobil dan motor.

Padahal, di Medan belum ada cabang dan pengurus TDA. Ia pasti hanya “menikmati” TDA melalui mailing list, portal atau blog saja.

Menurut saya, ia telah menemukan “kunci” TDA. Kebetulan kuncinya tepat, kena sasaran. Padahal, banyak juga member TDA yang sudah bertahun-tahun bergaul langsung di TDA, tapi masih “kebal”, belum menemukan “the key”.

Saat memberi sambutan di Pesta Wirausaha (Milad 4 TDA) lalu, saya bercerita mengenai seorang teman yang saya “jebloskan” ke TDA tanpa sengaja.

“Pokoknya lu gabung aja di TDA, di Depok udah ada”, kata saya kepadanya. Ia kebetulan tinggal di Depok.

Ia pun ikut beberapa kegiatan TDA dan bertukar pikiran dengan beberapa member.

Dalam hitungan hanya beberapa bulan, ia memutuskan untuk resign dan mendirikan perusahaan di bidang infrastruktur telekomunikasi.

Cepat sekali. Kaget saya.

Ketika saya konfirmasi, ia mengakui, pertemuannya dengan TDA telah mempercepat rencananya untuk mandiri.

“Sebelum ketemu TDA, target gue masih di awang-awang. Begitu ketemu TDA, gue jadi kebakar, pengen cepat-cepat resign”, jawabya.

Ia telah menemukan “the key”.

Saya yakin, banyak true story seperti ini di TDA. Saya hanya sempat mendengar beberapa.

Pertanyaan saya, apakah anda sudah menemukan “kunci” di TDA?

NB: Teman saya itu namanya Dede Syaefuddin. Sekarang kami (bersama adik saya, Pak Iim Rusyamsi dan Bang Zainal Abidin) bekerja sama memberdayakan anak-anak muda pengangguran di Pademangan dengan memberikan pelatihan reparasi HP gratis, agar mereka bisa mandiri. Pertemanan kami sejak lama telah membawa kami menemukan “the key” yang lain di bidang kepedulian sosial.

NB 2: The Key juga adalah salah satu lagu favorit saya yang dibawakan oleh pianis David Benoit featuring David Paich *nggak penting* 🙂

Standar

7 thoughts on “Mereka yang Telah Menemukan “Kunci” di TDA

  1. laura khalida berkata:

    Pak kalau boleh saya mengusulkan, bagaimana caranya bisa mengadakan pelatihan serupa di daerah rumah saya di Cimanggis (sekarang Tapos)? Banyak juga pemuda yang nganggur.

    Suka

Tinggalkan Balasan

