Uncategorized

Berhenti Sejenak

Sabtu lalu, saat menghadiri pre-launching sebuah apartemen di Lippo Karawaci, tiba-tiba handphone saya berbunyi.

Adik saya menelpon, mengabari bahwa Mama masuk rumah sakit Husada. Diagnosanya adalah diare. Mungkin Mama ada salah makan.

Tanpa pikir panjang, saya langsung menyudahi aktivitas di sana. Padahal, rencananya ada satu agenda lagi yang ingin saya lakukan di sana.

Alhasil, 2 hari weekend saya habiskan di rumah sakit. Hari pertama saya membawa istri dan anak-anak. Hari kedua saya sendirian.

Alhamdulillah, Mama sudah pulih. Hanya perlu menginap sehari lagi untuk memastikan kondisinya sudah normal.

Mungkin inilah cara Tuhan memberi tahu saya agar berhenti sejenak dari segala aktivitas dan rencana yang begitu banyak. Berhenti sejenak untuk menarik napas dan berpikir, apa yang penting dan prioritas dalam hidup saya. Berhenti sejenak untuk menyeimbangkan kehidupan.

Saya menikmati “pit stop” ini. Mengobrol dengan Mama, menemaninya saat tertidur. Tidak melakukan apa-apa.

Saya berkesempatan punya waktu dengan para kemenakan. Kemarin adalah pertama kalinya saya makan siang hanya bertiga dengan mereka.

Saya baru menyadari bahwa kemenakan yang usianya sudah hampir 2 tahun ini ternyata ingin sekali bersama saya.

Selama ini saya begitu sibuk. Kalau pun bertemu, hanya sebentar, tidak sempat mengetahui bagaimana perkembangannya. Saya pun kaget bahwa ternyata ia sudah bersekolah dan bisa makan sendiri.

Dengan berhenti sejenak, memperlambat langkah, ternyata saya bisa mendapatkan dan merasakan sesuatu yang lebih luas dan dalam, ketimbang sekedar ber-say hello dengan tergesa-gesa.

Terima kasih ya Allah. Saya sudah diingatkan.

Standar

2 thoughts on “Berhenti Sejenak

Tinggalkan Balasan

