Uncategorized

Matahari, Carrefour, Hero Begitu Ekspansif Tahun Ini. Bagaimana dengan Kita?

Majalah Fortune Indonesia menulis tahun 2010 ini Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) memperkirakan omzet bisnis ritel mencapai Rp 90-100 triliun, atau naik 10-15% dibanding tahun.

Mereka “riding the wave” memanfaatkan membaiknya ekonomi Indonesia tahun ini untuk berlomba berekspansi menambah pangsa pasar.

PT. Matahari Putra Prima, akan membangun 10-14 gerai Hypermart tahun ini. Sementara Hero akan membuka 3 gerai Giant. Carrefour Indonesia akan menambah 13 gerai.

Apa artinya ini bagi kita pelaku bisnis ritel UKM?

Semua ini menandakan sinyal positif, optimisme dan peluang!

Mereka yang gede-gede begitu yakin dengan sinyal positif ini.

Kita pun harus begitu. Bisnis kita harus tumbuh minimal 15% tahun ini.

Menurut seorang pakar kewirausahaan (saya lupa), UKM harus bisa tumbuh minimal dua kali lipat dari corporate besar. Alasannya, karena UKM itu kecil, fleksibel dan lebih lincah daripada mereka.

Logika saya juga sederhana saja, mereka itu berekspansi pastilah berdasarkan riset mendalam dari para ahlinya. So, ngapain kita riset lagi, diskusi lagi? Ikut aja dengan hasil riset mereka.

Are you ready?

Iklan
Standar

One thought on “Matahari, Carrefour, Hero Begitu Ekspansif Tahun Ini. Bagaimana dengan Kita?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s