Uncategorized

Rahasia Sandiaga Uno Menjadi Orang Terkaya di Indonesia

Sosok Sandiaga Uno begitu fenomenal. Ia tercatat dalam 100 orang terkaya di Indonesia dan diperolehnya hanya dalam waktu singkat. Mungkin hanya 10 tahunan.

Namun, apa yang dilakukannya, bagaimana caranya, masih menjadi tanda tanya bagi kita, termasuk saya yang awam ini.

Ternyata ia menjalankan bisnis private equity fund (PE).

Mahluk apa itu PE?

Menurut majalah Fortune Indonesia, PE adalah perusahaan pengelola investasi yang mendapat sponsor dari berbagai pihak baik individual maupun institusi.

Tugas PE adalah mencari perusahaan-perusahaan yang bermasalah yang layak dikucurkan investasi, lalu ditingkatkan kinerjanya, dan kemudian dijual kembali.

Hmmm, saya jadi ingat bukunya Brad Sugars, Billionaire in Training tentang “buy-build-sell” perusahaan. Ini rupanya yang dimaksud.

Secara sederhana, PE adalah jembatan bagi pemilik modal dan pihak yang membutuhkan. PE akan mendapatkan fee management sebesar 2% dan 20% untuk carry interest (semacam success fee?).

Sandiaga Uno memulai bisnis PE 14 tahun lalu dengan mendirikan Recapital dan Saratoga. Perusahaan ini mengincar perusahaan-perusahaan yang mengalami masalah keuangan dan nyaris ambruk.

Apa resep Recapital menyembuhkan perusahaan sakit? Mereka menempatkan orang-orang ahli manajemen, membuat sistim manajemen yang transparan dan mengaitkan sistim kompensasi pegawai dengan kinerja.

So damn interesting!

Iklan
Standar

13 thoughts on “Rahasia Sandiaga Uno Menjadi Orang Terkaya di Indonesia

  1. bernandin berkata:

    kalo saya ingin jadi Motivator dan Pelatih Bisnis Mas seperti Pak Tung dan Antony Robbins hehehehe….

    Suka

  2. Inspiring…selalu ada ada jalan kalau mau berusaha…apapun bidang kita…
    …networking, knowledge dan experience menjadi bagian kecil dari semuanya….

    makasih Pak

    Suka

  3. sangat menarik and perlu dicontoh ide kreativitasnya. Kadang orang memilih utk aman di perusahaan yang tidak sedang akan collaps, tapi bung uno ini kreatif dan mampu memanfaatkan peluang. Nice share …

    Suka

  4. Sebenernya masih ada beberapa tokoh PE yang sukses tapi ga dicover sama FI. antara lain : Hary Tanoe (Global Mediacom), Tom Lembong (Principia Management), Bakhtiar Rakhman (Batasa Capital-Ikut jadi Co Produser film Laskar Pelangi dan film2 nya Mizan Sinema).

    Suka

  5. Kesan saya waktu pertama kali ketemu Beliau di Pesta Wirausaha MILAD TDA kemaren adalah : beliau pengusaha yang CERDAS..disiplin dan punya kemampuan management yang rapi. Saya sangat terinspirasi dengan profil beliau.. luar biasa. Indonesia pantas bangga punya pengusaha seperti beliau

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s