Uncategorized

Pendatang Baru di Perpustakaan Pribadi Saya

If you have a library and a garden, you have everything you need, kata Cicero.

Alhamdulillah, saya sudah punya keduanya.

Kali ini saya mau sharing buku-buku koleksi terbaru yang mengisi perpustakaan saya.

Karena sering nongkrong di Citos dan PIM, maka koleksi ini banyak saya dapatkan di Aksara Citos, Periplus dan Gramedia PIM, dan juga beberapa dari toko buku online seperti kutukutubuku.com dan inibuku.com.

Here’s the list:

1. Delivering Happiness, by Tony Hsieh (CEO Zappos), Business Plus. Lagi dibaca. Ini buku lagi heboh di Amrik sana. Must read, bagi yang serius mengelola bisnisnya supaya bisa men-deliver happiness untuk para stake holders perusahaannya. Inspiring dan juga praktis.

2. Dwilogi Padang Bulan, by Andrea Hirata, Bentang. Sudah selesai dibaca. Ngakak abis bacanya. Tapi ngakak yang cerdas, intelek ala Hirata. Novel ini juga membuka mata kita tentang kehidupan dan budaya orang Melayu dan menjawab mitos-mitos “miring” tentang mereka. Saya juga keturunan Melayu lho…

3. Dalam Dunia Keheningan, by Vijay Eswaran, BIP. Ini sejenis buku bijak dan spiritual yang membawa kita kepada kesuksesan dan
keseimbangan hidup melalui jalan keheingan. Sukses itu tidak harus dicapai dengan grasa-grusu. Pelan-pelan saja, hening, tapi sampai.

4. Connect!, by Hermawan Kartajaya, Gramedia. Pemikiran-pemikiran terbaru dari Pak HK, menurut saya harus selalu kita ikuti. Begawan marketing ini selalu menawarkan sesuatu yang baru. Apa yang sedang terjadi di dunia marketing saat ini? Bacalah Connect!

5. Free, by Chris Anderson, Gramedia. Buku ini sudah lama keluar. Saya termasuk ketinggalan, karena baru saja membelinya. It’s okey, better late than never. Idenya menarik: gratiskan produk anda!

6. The Geography of Bliss, by Eric Weiner, Travel Twelve. Ini buku masuk best seller di New York Times. Bercerita tentang kehidupan orang-orang di tempat-tempat paling happy di dunia: India, Bhutan, Swiss, Iceland, dan lain-lain.

7. Predictably Irrational, The Hidden Forces That Shape Our Decisions, by Dan Ariely, Harper Perennial. Ini adalah buku NYT best seller juga. Direkomendasikan oleh teman saya, Mas Yodhia Antariksa, blogger http://www.strategimanajemen.net. Buku ini mengungkap bahwa sebagian besar keputusan kita adalah irasional. Menarik bukan? Apalagi buat marketer 🙂

8. The Sticking Point Solution, by Jay Abraham, Vanguard Press. Soal Jay Abraham, saya no comment lah. He is the best street smart marketing thinker.

9. A Whole New Mind, Why The Right-Brainers Will Rule The Future, by Daniel H. Pink, Riverhead Book. Ini NYT best seller juga. Menurutnya, masa depan nanti akan dikuasai oleh orang-orang yang dominan otak kanannya. Menarik sekali. Buku ini sebagai investasi juga untuk mendidik anak-anak kita supaya menjadi otak kanan.

Bagaimana dengan koleksi anda? Share dong, kalau ada yang menarik. Terima kasih sebelumnya.

Standar

19 thoughts on “Pendatang Baru di Perpustakaan Pribadi Saya

  1. edwar oktaviano berkata:

    kalau buku favorit saya : Syarah ‘aqidah ahlussunnah waln jama’ah by. Ustads Yazid bin abdul Qadir jawaz, satu lagi “sandiwara Langit ” by Abu Umar Ba’asyir

    Suka

      • edwar oktaviano berkata:

        Syarah Aqidah Ahlussunnah Wal Jama’ah memaparkan bagaimana aqidah yang selamat bagi seorang muslim, penjelasan mengenai rukun iman mulai dari syahadat, rukun2nya, konsekuensinya, pembatal2 nya….sampai kepada penjelasan mengenai beriman dengan hari akhir.
        Sandiwara Langit merupakan untaian kisah nyata tentang seorang pemuda sholeh yang ingin terbebas dari fitnah (godaan) membujang dengan segera menikah di tengah segala keterbatasan yang ada, modal belum ada, pekerjaan pun tak punya. banyak hikmah yang bisa dipetik dari buku ini.

        Suka

  2. Pak,
    saya lagi menggagas situs pertukaran buku berbasis masjid. Ini dalam kerangka menjadikan masjid “bukan sekedar” tempat sholat … tetapi juga tempat interaksi sosial. Jadi nanti pak Roni bisa tukar menukar pinjaman buku saat sholat dhuhur atau saat sholat isya 😀

    Suka

  3. Kalo koleksi buku saya baru 500 an Mas, tai dalam waktu dekat mau dapat hibah buku seitar 1.000 an pcs, karena kakak ipar saya mau pindah ke Amerika dan koleksi perpustakaannya diserahkan ke saya. Buku saya yang terbaru :
    1. Eat, Pray, love : Elizabeth Gilberth (Petualangan EG ke Italy, India dan Bali pasca krisis pribadi dan menemukan makanan yang enak, spiritualitas dan cinta di masing2 negara.
    2. Dwi Logi Padang Bulan – Cinta di Dalam Gelas : Andrea Hirata
    3. The lonely Planet Story – Tony & Maureen Wheeler : Kisah sepasang suami istri yang berhasil menerbitkan buku panduan perjalanan ke berbagai tempat di belahan dunia bagi Backpaker.
    4. 40 days in Europe – Maulana M Syuhada : Kisah beberapa musisi Indonesia yang terkatung2 dalam lawatan ke eropa
    5. Haji Backpacker – Aguk Irawan : Kisah perjalanan haji penulis secara “backpacker”.
    6. Finding Rumi – Najmar : Kisah perjalanan backpacker penulis ke Turki.
    7. Family Traveler – Ages Tri Harjaningrum : Kisah perjalanan backpacker keluarga ke berbagai tempat di Eropa.
    8. The Journal of a muslim Traveler – heru Susetyo : Kisah perjalanan backpacker penulis ke berbagai belahan dunia muslim.

    Suka

  4. Ya, bukunya menarik bangeets. Saya beli di Periplus Bandara Soekarno Hatta. Mungkin ada di Periplus Pim.

    Para pengusaha retail wajib membeli buku ini. Banyak trik-trik sederhana dan simple yang ajaibnya bisa melambungkan omzet. Sebab trik-nya didasarkan pada “pengetahuan atas perilaku konsumen yang acapkali aneh”.

    Suka

  5. Saya sedang baca The Happiness Project, pak. Sebenarnya ngga ada ide baru dalam buku ini. Intinya tentang membuat resolusi tiap bulan untuk membuat kita lebih bahagia. Tapi dalam buku ini diceritakan dengan detil perjalanan si penulis melaksanakan tiap resolusi, lengkap dengan halangan dan rintangannya. Banyak yang bisa kita pelajari. Menariknya, ada websitenya juga, dimana para pembaca buku ini bisa berkumpul, sharing resolusi dan progressnya masing-masing. Resolusi 2.0 lah,hehe.

    Suka

    • Saya baru beli. Memang, nggak ada yang baru. Buat referensi aja *untung gak beli yang edisi aslinya 🙂

      Saya memang sedang tertarik mempelajari the science of happiness

      Suka

  6. baihaki berkata:

    Pak Rony:

    Ini koleksi buku saya bulan ini:
    Psychology of investing by Hajime Aso & Toshio Aoki (isi seperti komik)
    World’s four great investors by Ken Tanaka (isi seperti komik)
    The Secret of Allah by Mumtaz El Mubarok (doa yang pasti terkabul)
    100 Kesalahan dalam Sedekah by Reza Pahleve Dalimuthe

    Suka

Tinggalkan Balasan

