Uncategorized

BlackBerry, Pisau Bermata Dua

Seorang teman saya tanya bagaimana dampak penggunaan BlackBerry untuknya. Apakah ia makin produktif atau tidak?

Ia mengaku menjadi lebih produktif.

Saya tanya lagi, lebih banyak mana waktu penggunaan BBnya apakah untuk kegiatan produktif atau hanya “main-main”?

Dengan tersipu, ia pun mengakui bahwa lebih banyak main-mainnya ketimbang yang produktif.

Itulah masalahnya. BB bak pisau bermata dua. Kalau kita larut menggunakannya untuk kegiatan yang tidak produktif, ia menjadi gangguan atau distraction yang lama-lama bisa menjadi pisau yang membahayakan kita.

Kembali saya menggunakan argumen dari Leo Babauta (zenhabits.net) yang menganjurkan untuk tidak menjadi “konsumen” di dunia maya ini. Kita harus menjadi “produsen”.

Gunakan gadget itu untuk “menjual” sesuatu: ide-ide, pengaruh, bisnis. Jadikan BB sebagai alat untuk “menggerakkan” sesuatu. Saya
menggerakkan Komunitas TDA dari BB via Facebook, milis atau Twitter.

Saya bisa lebih dekat dengan pelanggan dan vendor dengan perantara BB. Informasi dan koordinasi jadi lebih cepat dan tidak bias. Pengambilan keputusan juga lebih akurat.

BB bak pisau bermata dua. Ia bisa digunakan untuk memotong saat memasak di dapur atau sebaliknya, memotong jari si penggunanya.

Di kasus saya, BB sudah mulai mengubah perilaku menjadi asosial, bukan karena manfaat produktifnya tadi, tapi karena distractionnya yang secara konstan membuat saya mengakses informasi-informasi yang tidak lagi relevan dengan tujuan saya menggunakannya. Sampai-sampai Vino pun (1,5 tahun) “protes” dengan memukul-mukul BB di tangan saya dengan mimik tidak suka.

Distraction-nya itu yang mau saya “buang”, bukan BBnya.

Standar

2 thoughts on “BlackBerry, Pisau Bermata Dua

Tinggalkan Balasan

