Uncategorized

Kedatangan Richard Branson dan Maknanya Bagi Indonesia

Saya mengapresiasi sekali upaya yang dilakukan Bank BNI dan Metro TV dengan mendatangkan Sir Richard Branson pada tanggal 27 September nanti.

Ia sosok manusia langka di planet ini. Ia seorang entreprenur dan juga petualang. Ini yang membedakannya dari yang lain dan tidak dapat ditiru.
Sebagai entrepreneur, ia mampu mengelola 200 bisnis di 30 negara di bawah nama Virgin Group. Ia juga memutar balikkan teori ekonomi dan bisnis dengan caranya sendiri yang street smart dan action oriented.

Mengelola 200 perusahaan di bawah satu brand Virgin adalah salah satu teori bisnisnya yang menentang teori brand yang menganjurkan agar selalu fokus. Ia menjawabnya dengan enteng, bisnis apa pun jika dikelola dengan sungguh-sungguh pasti berhasil, dan terbukti.

Bukan berarti ia tidak pernah gagal. Dibukunya, Business Stripped Bare, banyak sekali kisah kegagalannya. Namun, sikapnya terhadap kegagalan itulah yang penting. Ia selalu belajar dari kesalahan dan terus moving forward dengan ide-ide brilian dan inovasi tiada henti.

Ia tidak menggunakan pakem teori-teori bisnis yang ada di buku-buku. Istilah “alam terkembang jadi guru”, sangat cocok baginya. Ia membuat teori dan prinsip-prinsipnya sendiri yang diperolehnya dari lapangan dan pengalaman.

BNI sejak tahun 2006 telah mendatangkan pembicara-pembicara kelas dunia seperti Bill Gates, Michael Porter, Robert Kiyosaki dalam program Inspiring Lecture Series. Namun kedatangan Richard Branson kali ini menjadi instimewa, karena sosoknya sangat kental dengan nuansa entrepreneurial yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia saat ini.

Euforia entrepreneurship tengah menjadi tren saat ini di Indonesia. Kedatangannya sangat tepat dan akan menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Tidak banyak entrepreneur kelas dunia yang bersedia membagikan rahasia suksesnya. Coba sebutkan, siapa saja mereka? Jarang sekali. Mungkin hanya dia dan Donald Trump yang seperti ini.

Saya salut dan mengacungkan jempol kepada BNI dan Metro TV yang terus berupaya memberi pencerahan bagi bangsa ini. Ini adalah legacy yang begitu berharga yang ROInya unlimited dalam jangka panjang dan dinikmati oleh khalayak banyak.

Saat konferensi pers di Four Seasons kemarin, saya sempat mengajukan “protes” mengapa evebt seperti ini hanya diperuntukkan bagi segelintir orang saja. Ada 14.000 teman-teman saya di Komunitas TDA yang juga ingin sekali menghadirinya. Namun, kegelisahan saya ini terjawab oleh Metro TV yang akan meliput dan menayangkannya secara tunda. Terima kasih.

Selamat datang Sir Richard Branson. Kedatanganmu akan menjadi inspirasi bagi bangsa kami yang tengah berjuang untuk menjadi sejajar dengan bangsa-bangsa lain di bidang ekonomi.

Iklan
Standar

6 thoughts on “Kedatangan Richard Branson dan Maknanya Bagi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s