Business

RFM

Tidak semua pelangggan atau klien itu sama.

Dari semua klien yang ada, bagaimana kita memetakannya?

Di dunia pemasaran yang saya ketahui ada pendekatan RFM namanya.

R itu Recency, pelanggan yang paling baru.

Mereka ibarat bayi, sangat fragile, tapi juga sangat antusias dengan produk kita. Kalau puas dengan transaksi perdana, mereka akan melakukannya lagi dalam waktu tidak lama. Dan biasanya, mereka juga dengan antusias menceritakan pengalaman positif ini kepada teman-temannya.

F itu Frequency, pelanggan yang paling sering berbelanja.

Siapa pelanggan kita yang paling sering berbelanja? Berapa kali dia belanja per bulan? Berapa nilai transaksi rata-ratanya?

Pelanggan yang sering berbelanja juga sangat menentukan tingkat penjualan produk/jasa kita di masa mendatang.

M adalah Monetary, ialah pelanggan yang secara nilai belanja besar.

Mungkin saja pelanggan tipe M ini lebih jarang berbelanja dibandingkan tipe F, tapi sekali belanja besar nilainya.

Ketiga tipe pelanggan ini harus kita kenali dengan baik.

Ketiga tipe pelanggan ini sangat menentukan hitam putihnya bisnis kita di masa depan.

Iklan
Standar

7 thoughts on “RFM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s