Mindset, Motivasi

Permainan

Kekalahan 3 – 0 dari Malaysia di leg pertama tadi malam memang menyesakkan dada.

Lantaran prestasi yang dipertunjukkan oleh Timnas Indonesia sejak awal begitu meyakinkan, tentu harapan kita jadi sangat tinggi dan tidak siap dengan skenario kalah yang menghempaskan.

Kalau kita coba renungkan, ini sebenarnya hanyalah sebuah permainan. Permainan di mana harus ada yang kalah dan ada yang menang. Permainan ini hanya menyisakan satu tempat bagi yang menang saja dan sisanya menunggu giliran di masa yang akan datang.

Namanya permainan, kadang kita menang kadang kalah. Yang penting setiap kali kalah harus segera bangkit dan melupakannya, belajar darinya dan melakukan perbaikan dengan semangat baru.

Jangan sampai kekalahan itu menghantam mental kita, apalagi menjadi putus harapan.

Masih banyak arena lain yang perlu ditaklukkan. Kita boleh kalah dalam pertempuran, tapi tidak dalam peperangan. Peperangan masih panjang dan perlu strategi dan persiapan yang lebih baik.

Dunia bisnis sejatinya juga mirip dengan permainan sepakbola seperti ini. Kadang kita kalah (rugi), kadang menang (untung). Kita hanya berusaha memperbesar peluang untuk menang saja.

Namun, satu hal yang pasti adalah untuk mereka yang mencari aman dan tidak ingin kalah adalah jangan ikut bermain. Jadilah penonton atau pengamat saja. Kita tidak akan pernah kalah, rugi atau gagal.

Tapi, siapakah yang kelak mendapat ganjaran “piala” dari hasil jerih payahnyanya? Tentu saja mereka yang bermain di lapangan, bukan yang dipinggir lapangan.

Apa pun profesi kita, olah ragawan, profesional atau pebisnis, jangan berhenti bermain. Teruslah bermain, teruslah belajar dari kekalahan-kekalahan dalam pertempuran itu untuk memenangkan peperangan yang sesungguhnya. Peperangan yang kita tidak tahu kapan berakhirnya.

Ayo, bangkit lagi!

Kita dilahirkan bukan untuk jadi pencundang. Kita dilahirkan hanya untuk jadi pemenang!

Iklan
Standar

4 thoughts on “Permainan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s