Life

Pertanyaan

Tanpa disadari, hidup yang kita jalani sekarang ini adalah hasil dari pertanyaan-pertanyaan yang kita ajukan di masa lalu.

Mungkin anda saat ini mengendarai mobil impian. Pasti itu berawal dari pertanyaan yang anda ajukan kepada diri sendiri: bagaimana caranya saya bisa memiliki mobil ini?

Mungkin anda saat ini tinggal di rumah yang memenuhi selera ideal anda. Saya yakin itu juga berawal dari pertanyaan yang kurang lebih seperti: bagaimana supaya saya bisa memiliki rumah seperti ini?

Saya bisa menebak hal itu karena juga mengalami sendiri dampak dari pertanyaan-pertanyaan itu.

Hidup yang saya jalani saat ini adalah hasil atau jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan beberapa tahun lalu.

Dulu saya pernah bertanya: bagaimana caranya uang mengejar-ngejar saya, bukan saya yang mengejar-ngejar uang? Pertanyaan yang terkesan naif tapi powerful.

Alhamdulillah saya sudah menjalani hidup seperti itu karena telah menemukan jawabannya.

Anda pasti tergelitik untuk bertanya: apa jawabannya?

Ciptakan nilai/value dan komunikasikan value itu kepada sasaran yang tepat dalam jumlah yang banyak.

Demikian juga aspek-aspek lain dalam kehidupan yang sudah saya nikmati saat ini, semuanya adalah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan sebelumnya.

Pertanyaan yang diajukan itu adalah doa.

Saya hanya bertanya saja. Bisa dengan sengaja atau tanpa sengaja. Tapi sering diulang-ulang dan saya sharing dengan orang terdekat. Saya tidak terlalu ambil pusing dengan bagaimana cara mencapainya.

Mestakung. Semesta mendukung, kata Prof, Yohanes Surya. Kalau kita punya impian, alam semesta akan berkonspirasi untuk membantu kita mewujudkannya, kata Paulo Coelho. Allah mengikuti prasangka hambanya, kata seorang teman.

Tiba-tiba datang informasi, kesempatan, perstiwa-peristiwa kebetulan atau apa pun yang membuat kita semakin dengan dengan jawaban itu dan…. voalaaa! menjadi kenyataan.

Itulah cara Tuhan menjawab doa kita, menurut saya.

Untuk mencapai sukses tidak hanya dengan mencari jawaban, tapi juga dengan mengajukan pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan yang positif, powerful dan memberdayakan. Pertanyaan-pertanyaan yang membuka berbagai kemungkinan untuk maju.

Ajukan pertanyaan-pertanyaan itu dengan yakin. Ulangi terus sampai mengendap di bawah sadar. Stay aware dan alert, sadar dan waspada terhadap pertanda-pertanda dari Tuhan tentang terjawabnya pertanyaan itu. Begitu jawaban itu sudah hadir di depan mata, langsung putuskan untuk take action, mengambilnya.

Seperti itulah jalannya hidup itu.

Teruslah mengajukan pertanyaan.

Standar

One thought on “Pertanyaan

Tinggalkan Balasan

