Uncategorized

Pilihan

Apakah anda merasakan bahwa saat ini terlalu banyak pilihan?

Cobalah masuk ke pasar swalayan. Betapa banyak merek dan jenis untuk sebuah produk yang anda cari.

Karena bingung, akhirnya anda memilih dengan mengesampingkan banyak pertimbangan rasional. Anda memilih dengan hasil yang tidak begitu memuaskan.

Ini terjadi di semua aspek kehidupan. Kita disodorkan dengan terlalu banyak pilihan.

Kemarin saya masuk ke restoran yang terlalu banyak menunya. Dua halaman menu penuh dengan gambar makanan dan minuman yang menarik.

Lebih dari 5 menit saya membolak balik menu itu tanpa memutuskan apa pun. Saya menjadi tertekan, apa lagi dari kejauhan para pramusaji tampak memperhatikan saya.

Akhirnya, saya memanggil salah satu dari mereka dan meminta
rekomendasi menu apa yang paling digemari di sini.

Puaskah saya dengan pilihan itu? Tentu tidak, karena saya memilih tidak dengan independen dan perasaan lega.

Bahkan Vito, anak saya yang baru berusia 3 tahun pun pernah dibuat stress ketika ia saya bebaskan untuk memilih mainan yang
diinginkannya. Ia nampak bingung dengan banyaknya mainan yang terhampar di rak di hadapannya.

Akhirnya ia mengambil mainan yang tidak begitu diinginkannya (tidak berapa lama mainan itu sudah diacuhkannya).

Lebih banyak pilihan ternyata membebani kita dan bukan membuat kita merasa lebih baik.

Apalagi pada saat memilih, kita belum tahu apa yang kita inginkan🙂

Bagaimana pendapat anda?

Standar

2 thoughts on “Pilihan

  1. Persis itulah hasil sebuah riset consumer psychology. Dalam riset eksperimental itu, sebuah gerai yang menyajikan hanya dua pilihan produk lebih LAKU dibanding greai yang menyodorkan 15 varian produk.

    Para penelitinya bilang, too many choices justru membikin bingung para konsumen.

    Kalau mau kasih pilihan menu, cukup 5. Lebih dari lima, otak konsumen “hang”.

    Suka

Tinggalkan Balasan

