Uncategorized

Nilai Tambah untuk Mempertahankan Pelanggan

Saya pelanggan Indovision sejak lama.

Sempat tergoda beberapa kali untuk pindah ke provider lain, tapi selalu batal.

Pasalnya, Indovision selalu meng-upgrade layanannya sehingga pelanggan yang labil seperti saya jadi berpikir ulang untuk pindah.

Ketika bosan dengan saluran berita mainstream dari CNN dan BBC saja, Indovision seperti tahu keinginan saya dengan menambahkan saluran Aljazeera.

Belakangan ada saluran Muslim, bisnis, BBC Knowledge yang membuat saya sulit berpikir untuk pindah.

Godaan terakhir adalah layanan high definition yang diluncurkan oleh provider lain. Saya masih nunggu bagaimana respon Indovision.

Satu lagi yang membuat saya makin terikat adalah penawaran cross selling Koran Sindo dengan hanya membayar biaya berlangganan Rp. 15.000 per bulan.

Lima belas ribu? Benar, saudara-saudara.

Maka, saya yang sudah lama tak berlangganan koran pun bisa menikmati koran setiap hari (meski pun kurang nyaman dengan tumpukan sampah koran yang menggunung).

Hal yang sama juga dilakukan oleh Koran Sindo kepada pelanggannya. Hampir setiap minggu selalu ada sisipan feature tambahan seperti olah raga, gaya hidup, belanja, properti, dan sebagainya yang membuat pelanggan makin betah dan enggan untuk berpaling.

Era sekarang persaingan memperebutkan pelanggan makin ketat. Perusahaan harus mampu “mengikat” pelanggan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan terus memberikan nilai tambah kepada mereka, sehingga mereka harus berpikir ulang untuk pindah ke lain hati.

Standar

6 thoughts on “Nilai Tambah untuk Mempertahankan Pelanggan

  1. saya juga sempat berpikir untuk pindah dari indovision, tapi setelah dibanding2kan, indovision yang paling banyak channel anak2, akhirnya tidak jadi pindah karena tv lebih banyak anak2 yang nonton

    Suka

  2. Pak Ronny sharingnya slalu mencerahkan, hal di atas membuka sudut pandang lain dan memaksa otot kita utk trus berinovasi dalam hal nilai tambah. Walaupun bedanya 1 inch dengan pelanggan lain nilai tambahnya, pasti pelanggan akan menuju ke produk kita. Terima kasih pak.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s