Money and Investing

Ingin Sekolahkan Anak? Tabunglah Emas

Twitter adalah media yang paling efektif untuk “membaca” apa yang sedang terjadi dan apa yang menjadi pemikiran dari orang kelas menengah Indonesia.

Salah satunya yang saya tangkap adalah soal biaya pendidikan anak.

Banyak perencana keuangan yang memberi nasehat, seperti menabung di tabungan pendidikan, investasi di saham/reksadana atau menabung emas.

Emas?

Ya, menabung emas untuk biaya pendidikan anak.

Belum pernah dengar ide ini?

Saya sendiri baru ngeh belakangan ini setelah merenung dan mengingat-ingat.

Bagaimana dulu orang tua mampu membiayai kuliah di sebuah universitas yang dikenal mahal biayanya itu?

Seingat saya, ibu saya dulu menjual emas untuk uang masuknya.

Masuk ke perguruan tinggi itu terbilang wah bagi keluarga kami.

Ternyata, uang kuliah itu sudah disiapkan oleh orang tua jauh-jauh hari dalam bentuk emas. Setiap punya kelebihan rezeki, ibu saya rajin membeli emas.

Emas itu kebal inflasi. Harga emas pasti di atas nilai inflasi. Yang salah adalah menabung di bank. Uang kita pasti akan habis ditelan inflasi.

Misalnya, ada dua orang yang masing-masing berkomitmen menyisihkan uang 1 juta untuk biaya sekolah anaknya 5 tahun mendatang.

Si A, memutuskan untuk menabung 1 juta setiap bulan.

Si B, memilih untuk membeli emas senilah 1 juta setiap bulan.

Di tahun ke 5, siapa kira-kira yang nilai uangnya paling tinggi?

Tentu, ada kendaraan investasi lain untuk mencapai target itu selain emas. Tapi, berhubung saya sudah menyaksikan dan merasakan sendiri, saya cenderung dengan cara konvensional ala orang tua.

Bagaimana menurut anda?

Standar

13 thoughts on “Ingin Sekolahkan Anak? Tabunglah Emas

  1. waa udah lama ga bkunjung k blog bapak..makin minimalis🙂 love it..btw mngenai pdidikan anak2, gmn dgn RDS syariah pak..sy lihat pgerakan ga tll cepat spt LM yaa..shg sy cenderung utk invest pndidikn di LM hanya repot jg jk mo byr skolah yg ga’ murah lg saat ini..hrs mnukarkan LM-nya..:) nurut bpk gimana?!tq

    Suka

  2. Terima kasih Pak Roni atas postingan ini, insya’ Alloh saya akan mengamalkan saran anda, mumpung belum telat nich anak saya, masih kelas SD

    Suka

  3. betul sekali pak roni, pertumbuhan emas setiap tahun rata2 20%-an, melebihi inflasi yg bisa 10%-an, beli RDS syariah juga kalau dilihat2 ROI nya pertahun tidak sebagus RDS Konvensional yg bisa mencapai 60% setahun.

    Suka

  4. widiagroup berkata:

    NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu (SMU, Kuliah, Sarjana, karyawan dll yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor.
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://entrydatagroup.blogspot.com/

    Suka

  5. Assalamu’alaikum wr wb,

    Saya setuju dengan konsep Pak Roni. Bisa juga dengan menabung dengan Dinar emas, bisa joint di M-Dinar ( http://www.geraidinar.com), kita bisa nabung sekaligus invest dan pencairannya mudah.

    Wassalamu’alaikum wr wb

    ylabdo ( TDA Jogja )

    Suka

  6. Agung berkata:

    investasi itu kan bisa untung kalo kita belinya murah, kalo beli emas di pegadaian kan mahal dibanding di antam. belinya aja mahal kapan untungnya?

    Suka

  7. Ahmad Juaeni berkata:

    Saya selama ini sdh invest di emas batangan. Mulai tertarik dg RDS yg sdh diikuti oleh pak Roni & bu Umnad. Boleh berbagi info penyedia RDS yg ada di Indonesia? Terimakasih jika ada rekomendasi atas RDS tsb. Salam dari Kalsel.

    Suka

  8. emas sebenernya lbh tepat digunakan sbg hedging (lindung nilai). Tapi dgn berebagai strategi (mis berkebun emas), emas bisa juga dijadikan investasi. Tapi pengalaman saya menabung di Bank Syariah Mandiri, luayan juga lho Mas bagi hasilnya, coba cek deh kalo Mas Roni atau pembaca yg lain punya tabungan di BSM

    Suka

  9. Apa khabar Pak Roni, sudah lama saya abstain nih, banyak sekolah perubahan yah…
    Pak Roni pemikirannya selalu inspiratif, boleh juga investasi emas nih….terima kasih Pak Roni…

    Suka

  10. Wah, cukup inspiratif infonya pak, tertarik juga untuk nyoba – apalagi istri sendiri orang BSM (di Tanah Abang) ..agak sedikit diluar topik nih, kebetulan saya karyawan yg baru memulai untuk berbisnis – di bidang kaos edukasi anak beralamat di http://www.kaospadusi.com , tema-2 kaosnya banyak mengupas hal-2 seputar pendidikan anak dgn bahasa yg renyah dan kontennya peduli pendidikan anak-anak, dan web kami secara berkala selalu meng-update informasi tentang dunia pendidikan anak dari berbagai sumber, saya mengundang rekan-2 untuk bisa berkunjung ke web http://www.kaospadusi.com dan bisa ikutan di fanpage Penggemar Kaos Anak atau fb account di kaospadusiku@gmail.com

    Terima kasih
    Irwan

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s