Business

Merek-Merek Tiruan di China

Tahukah anda bahwa China adalah negara penjiplak terbesar di dunia? Ekonomi China adalah ekonomi copycat.

Produk branded apa saja pasti ada tiruannya di China.

Kenapa bisa terjadi?

Ekonomi China sedang booming. Golongan menengah sedang naik kemampuan keuangannya. Mereka ingin tampil gaya dengan harga terjangkau.

Sebagian besar merek dunia dibuat di China karena alasan murahnya tenaga kerja. Secara teknis, mereka bisa membuat produk tiruan apa pun.

Selain itu, tentu saja, jumlah penduduk yang sangat besar adalah pasar yang sangat menggiurkan bagi siapa saja.

Ini contoh beberapa merek jiplakan di China:

– SONY menjadi SONAI, SQNY

– Panasonic menjadi Penesami

– Puma menjadi Pmua

– Adidas menjadi Adidos

– Converse menjadi Cnovesre

– Nike menjadi Vike, Like, Hike

– Prada menjadi Paradi

– KFC menjadi KFG

– Pizz Hut menjadi Pizza Huh

– ESPRIT menjadi ERSPTE

– Starbucks Coffee menjadi Bucksstar Coffee

– Facebook menjadi XieoNei

– Yahoo! menjadi BaiGooHoo!

– Wikipedia menjadi Uncyclopedia

– eBay menjadi TaoBao

– MSN Messenger menjadi Ali WangWang

– Google menjadi Goojjee

– Youtube menjadi Youtubecn

– S&M menjadi S&M’s

– Dolce&Gabbana menjadi Dolce&Banana

– Lacoste menjadi Lokasta

– McDonald’s menjadi McDuck

– PlayStation menjadi PolyStation

– Samsung menjadi Samsing

– Marlboro menjadi Malobo

– Kappa menjadi Kappo, Koppa

– Apple menjadi Aeippie

– Calvin Klein menjadi Carlin Klair

– Canon menjadi Caieion

– BlackBerry menjadi BlockBerry.

Dari kacamata hukum, etika bisnis dan hak kekayaan intelektual, apa yang dilakukan oleh para pengusaha China ini tidak dapat diterima.

Namun, adanya permintaan tentu diikuti dengan penawaran. Produk-produk seperti ini ada pasarnya di sana.

Buat apa repot-repot membangun brand yang mahal dan lama. Dengan menjiplak saja, mereka bisa mendapatkan keuntungan dengan cepat.

Pertanyaannya, apakah mereka akan selamanya dikenal sebagai negara penjiplak?

Sebagian dari pelaku bisnis di sana sudah sadar dengan pentingnya merek dan mulai secara serius membangun merek agar dikenal secara global.

Beberapa merek sudah mulai dikenal dan cukup kuat di dunia, seperti: Lenovo, Haier, Huawei, TCL, Baidu, ZTE, Geely, Chery, Midea dan sebagainya.

Dalam persaingan ekonomi copycat, kalau ada yang berhasil, tentu akan menginspirasi dan diikuti oleh pelaku bisnis lainnya.

Bagaimana dengan merek dari negeri kita?

Standar

One thought on “Merek-Merek Tiruan di China

  1. Gewos berkata:

    Tinggal konsumen yg memilih mau produk berkualitas tapi mahal atau murah tapi kurang berkualitas. Aku rasa untuk ukuran negara2 berkembang spt indonezia, konsumennya akan mudah tergiur dengan harga yg lebih murah. Keadaan apapun dlm dunia ekonomi adalah peluang usaha. Belajar dr china ambil nilai positifnya, walaupun meniru tapi bisa membuat/produksi. Sedangkan kita katanya negara agraris tp mengapa beras saja masih mengimpor dr negara tetangga kita. IRONIS!!!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s