Uncategorized

Six Degrees of Separation

Tahukah anda…

Jarak antara saya dan presiden Obama cuma 2 tingkat.

Jarak antara saya dan Oprah Winfrey juga cuma 2 tingkat.

Kok bisa?

Saya kenal dengan Mas Dino Patti Djalal (Dubes RI di AS), karena anaknya pernah sekelas dengan anak saya. Mas Dino kenal Obama.

Saya kenal dengan seorang teman di Amerika yang bekerja sama dengan Oprah Winfrey.

Artinya, kalau saya mau kontak dengan Obama atau Oprah, tinggal minta tolong dengan mereka. Secara sederhana begitu.

Saya mau cerita tentang Six Degrees of Separation. Teori ini mengatakan bahwa siapa pun kita bisa terhubung dengan siapa pun di seluruh dunia dalam jarak kurang lebih enam kenalan.

Apa manfaatnya untuk bisnis kita?

Tentu bermanfaat sekali.

Misalnya, saya membutuhkan seorang yang dapat membantu ekspor produk Manet ke Turki. Di jaringan pertemanan saya, pasti ada orang yang bisa membantu saya, apakah itu kenalan langsung atau tidak langsung.

Wirausaha jangan terlalu sibuk hanya mengurusi internal bisnis saja dan lupa dengan memperbanyak pertemanan.

Beberapa waktu lalu saya beremu dengan teman TDA yang punya kebiasaan bersilaturahim sambil memperkenalkan bisnis bimbingan belajarnya di Depok.

Ketika saya bertemu orang tua yang membutuhkan jasa bimbel, tentu teman inilah yang saya ingat dan saya rekomendasikan.

Your network is your net worth.

Standar

5 thoughts on “Six Degrees of Separation

  1. setuju banget..barusan ngobrolin soal ini bareng tukang servis elektro temen iparku…dari iparku akhirnya dialah yg dipilih buat ngebetulin tvku..

    Suka

Tinggalkan Balasan

