Money and Investing

No Credit Card = No Worry = Freedom

Tadinya saya memegang 4 kartu kredit dan saya anggap itu cukup memudahkan saya, meski pun jarang dipakai.

Hal ini kemudian berubah total setelah mendapat teguran dari bankir saya.

“Pak, nama bapak kena BI checking, lantaran telat bayar kartu kredit”, ujarnya.

Saya akui, meski pun selalu membayar lunas, kadang saya telat membayar dan dampaknya fatal.

“Nama bapak akan masuk daftar black-list dan baru bersih lagi setelah 2 tahun”, lanjutnya.

Kaget, tidak terima dan merasa diperlakukan tidak adil, saya membatin.

Tapi saya tidak banyak komentar, karena sistimnya begitu.

Apa pun alasannya, terlambat ya tetap terlambat. Meski pun punya hutang cuma 50 ribu, tapi telat bayar, tetap akan di-black list oleh BI.

Saya memang sering lalai soal ini.

Makanya, saya ambil keputusan spontan untuk menutup semua kartu kredit itu.

Saya tahu, konsekuensinya cukup berat. Saya akan kehilangan semua priviledge itu: diskon di restoran, mall, bioskop, toko buku, executive lounge di bandara dan sebagainya.

Kartu kredit juga pernah menyelamatkan saya waktu di Malaka, Malaysia. Ketika itu saya keluar hotel tanpa bawa uang sama sekali dan membeli buku. Baru sadar setelah di kasir. Untung ada kartu kredit sebagai penyelamat.

Tapi, it’s okey. Saya mencoba melepaskan diri dari ketergantungan itu.

Toh, ada teman di Bangkok yang katanya bisa hidup 8 tahun di negeri orang tanpa kartu kredit.

No credit card = no worry, more freedom. Gak khawatir dengan tagihan lagi. Gak khawatir dengan BI checking lagi. Kalau ada uang ya beli cash, kalau nggak ada uang ya nggak usah beli🙂

NB: Tulisan ini menanggapi twit dari @AidilAkbar di Twitter hari ini. Ini pendapat saya pribadi ya. Bagi yang disiplin membayar tepat waktu, saya kira tidak masalah.

Standar

One thought on “No Credit Card = No Worry = Freedom

Tinggalkan Balasan

