Life

Cerita tentang Pensil

Cerita ini saya dapatkan dari buku Paulo Coelho yang baru saya beli dari tadi malam, Like The Flowing River. Sangat menarik buat saya dan mungkin untuk anda.

Begini kisahnya…

Seorang anak menyaksikan neneknya sedang menulis dengan pensil.

“Apakah nenek sedang menulis tentang aku?”, tanyanya penasaran.

“Aku memang sedang menuliskan cerita tentang kamu. Tapi yang lebih penting dari cerita itu adalah tentang pensil ini. Aku berharap engkau ingat cerita ini sampai kau dewasa nanti”, jawab sang nenek.

“Apa yang menarik dari pensil itu? Menurutku sama saja dengan pensil yang lainnya”, sang cucu penasaran.

“Tergantung dari sudut mana engkau melihat. Jika engkau bisa melihat lima kualitas dari pensil ini, engkau akan menjadi orang yang baik, orang yang membawa kedamaian di muka bumi ini.”

Pertama: Engkau mampu membuat hal-hal hebat, tapi engkau harus sadar bahwa ada “tangan” yang membimbingmu, yaitu tangan Tuhan. Dia selalu membimbingmu untuk berjalan sesuai dengan keinginannya.

Kedua: Kadang-kadang engkau harus berhenti menulis untuk mempertajam pensil dengan cara merautnya. Engkau akan merasakan sakit dalam hidupmu. Namun, percayalah, itu akan membuatmu menjadi seseorang yang lebih baik.

Ketiga: Pensil mengijinkan kita menggunakan penghapus untuk membersihkan kesalahan. Artinya, mengoreksi kesalahan dalam hidup bukanlah hal yang buruk, itu membuat kita agar tetap di jalan yang lurus.

Keempat: Yang terpenting dari pensil bukanlah kayu bagian luarnya, tapi grafit di dalamnya. Selalu perhatikan apa yang terjadi di dalam dirimu ketimbang yang terjadi di luar dirimu.

Kelima: Pensil selalu meninggalkan tanda/jejak. Engkau harus menyadari bahwa apa pun yang kau lakukan akan meninggalkan jejak, berhati-hatilah dengan jejak yang akan engkau tinggalkan.

Standar

2 thoughts on “Cerita tentang Pensil

  1. Wah, keren sekali metafora yang digunakan dalam cerita ini. So inspire! Hmm.. Jadi ingat dengan apa yang dikatakan oleh Covey yaitu To Live – To Learn – Leave a Legacy… Thanks Pak Roni utk artikelnya yang inspiratif!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s