Uncategorized

Kreatif Tidak Cukup Hanya di Produk

Salah satu presentasi yang menarik perhatian saya saat mengikuti Focus Group Discussion di Pekan Produk Kreatif Indonesia 2011 kemarin adalah dari @andisboediman, pendiri Indonesia School of Design (IDS).

Di kalangan dunia kreatif, IDS adalah lembaga yang disegani karena banyak melahirkan disainer-disainer sukses dan menjadi ikon di bidangnya. Salah satunya adalah Wahyu Adhitya, pendiri Hellomotion dan Hellofest.

Ia mengatakan bahwa beberapa tahun terakhir di IDS telah berubah paradigma.

“Awalnya saya meyakini bahwa yang penting adalah produk, tapi sekarang paradigma itu sudah saya geser ke wilayah lain seperti finansial, marketing, delivery, teknologi, SDM dan sebagainya”, katanya.

Saya sependapat.

Produk yang kreatif adalah satu hal. Sukses di pasar adalah hal lain.

Saya banyak menemukan produk-produk kreatif tapi malah gagal di pasar.

Kreativitas itu cakupannya luas. Jangan terpaku hanya di produk saja. Ada produk yang “biasa-biasa” saja tapi sukses di pasar karena kreativitas dalam pemasarannya.

Standar

2 thoughts on “Kreatif Tidak Cukup Hanya di Produk

Tinggalkan Balasan

