Uncategorized

Beberapa Ide untuk Menikmati Kebahagiaan yang Sederhana

– Mengontak teman lama dan mengajaknya bertemu. Beberapa waktu lalu saya bercakap-cakap di telepon dengan teman lama yang sekarang bertugas di Kalimantan. Sayang, tidak sempat bertemu.

– Menikmati turunnya hujan. Saya melakukannya kemarin. Begitu hujan turun, saya memindahkan pekerjaan ke teras untuk bekerja sambil menikmati kopi hangat.

– Membaca buku masa kanak-kanak. Ya, kenapa tidak? Saya mengoleksi lagi seri Lima Sekawan. Saya juga menemukan komik Laba-Laba Merah karya Jhonny Andrean, komikus favorit saat dulu. Di sebuah kios buku bekas, saya menemukan komik Mimin. Ada yang ingat?

– Mendengarkan kicau burung. Hampir setiap pagi saya menikmatinya, termasuk saat mengetik postingan ini. Pepohonan yang rimbun telah menjadi tempat burung-burung singgah, bahkan bersarang. Sebagai ungkapan rasa terima kasihnya, mereka membalasnya dengan suara yang indah.

– Berjalan-jalan menikmati pagi. Saya kerap melakukannya dengan berjalan kaki atau bersepeda. Saling bertegur sapa dengan warga adalah salah satu manfaat dari aktivitas ini.

– Tidur siang. Meski pun tidak pernah terlelap, saya sering
melakukannya setelah makan siang di kantor. Kebetulan di kantor ada ruangan untuk anak-anak, saya pun menemani mereka tidur siang. Sepuluh sampai lima belas menit sudah cukup menyegarkan pikiran.

– Earthing atau berjalan-jalan di tanah tanpa alas kaki. Tujuannya supaya terhubung langsung dengan bumi yang katanya punya medan elektro magnetik yang bermanfaat buat kesehatan. Ini kebiasaan yang mulai rutin saya lakukan beberapa pekan ini.

– Tersenyum. Ya, saya lagi belajar untuk tersenyum tanpa alasan kepada siapa pun yang saya temui. Seperti anak-anak yang selalu tersenyum kepada siapa saja dengan ringan dan tanpa tendensi. Saya masih belajar melakukan hal sederhana ini. Pasalnya, saya kerap kena sariawan yang membuat aktivitas ini menjadi berat.

– Bermain dengan anak.

– Ngobrol dengan tetangga.

– Nongkrong di warung kopi.

– Nonton film kartun/komedi yang bikin tertawa.

– Daftar ini bisa panjang. Silakan tambahkan sendiri versi anda.

Selamat menikmati hari ini. Temukan “keajaiban” di balik hal-hal yang sederhana.

Standar

5 thoughts on “Beberapa Ide untuk Menikmati Kebahagiaan yang Sederhana

  1. aksa berkata:

    semua itu kan hal yang enak di lakukan kalo kesehatan finansial kita terjaga,cobalah sodara2 kita yg kebetulan masih harus struggle mencari sesuap nasi,boro2 pny ide tentang ini. apkh hal spt ini umum dilakukan di kala kita dlm kondisi struggle (misalnya dulu saat pak roni masih di tanah abang,dan bisnisnya belum di leverage oleh pak TDW)?..overall ide ini menarik…

    Suka

Tinggalkan Balasan

