Uncategorized

Buatlah Banyak Kesalahan

“Kok kacanya ditulisin, Papa?”, tanya Vito (3,5 tahun) yang bingung ketika melihat saya menuliskan sesuatu di kaca kamar mandi dengan spidol.

“Iya, Papa nulis ini biar ingat”, jawab saya.

Kata-kata itu saya kutip dari wawancara dengan Paulo Coelho, penulis favorit saya. Saat itu ia ditanya, jika anda terlahir kembali, apa yang akan anda lakukan?

Ia menjawab,”Jika saya terlahir kembali, saya akan membuat lebih banyak kesalahan.”

“If I had my life to live over, I will would try to make more mistakes.”

Kata-kata itu sengaja saya tulis di sana supaya bisa sering
dipelototin saat ngaca, bercukur atau menggosok gigi.

Setiap orang ingin kehidupan yang lebih baik dan menyenangkan, tapi sedikit yang berani mengambil risiko.

Akhirnya mereka menyesal bukan karena telah membuat kesalahan, tapi karena tidak mengambil risiko alias tidak bertindak.

“Lebih baik menyesali apa yang telah anda lakukan daripada menyesali apa yang tidak anda lakukan”, kata Paul Arden.

Banyak orang mencapai usia empat puluh, hanya untuk menyadari bahwa mereka telah melewatkan banyak hal dalam hidup.

Mengambil keputusan yang “aman” biasanya selalu mengandung bahaya di sisi lain.

Ketika memutuskan untuk tidak mewujudkan ide saya, 2 tahun kemudian saya akan menyesal karena ada orang lain yang “mengambil” ide itu dan sukses mewujudkannya.

Ketika saya memutuskan untuk tidak mengambil sikap tegas, suatu saat akan menjadi bom waktu yang siap meledak lebih dahsyat.

Ambillah keputusan yang lebih berani dan berisiko. Jangan sampai menyesal di kemudian hari karena tidak bertindak.

Standar

7 thoughts on “Buatlah Banyak Kesalahan

  1. Ngk setiap orng pnya sikap tegas. Ada yang bersikap hati2 dan tidak gegabah dalam bertindak, kata orang ini bodoh! karena terlalu bersabar. pa bener ron?…….

    Suka

  2. Setiap pilihan adalah resiko, mau yang gampang apa yang sulit (raffael-metrotv). Karena setiap tindakan (aksi) akan menuai hasil (reaksi), kita perlu jadi diri sendiri.
    Nice post sir;

    Suka

  3. aku rasa harus risk calculated mas, kemampuan menanggung resiko tiap orang beda, kalo kegedean resiko bisa gila atau masuk penjara lho tapi kalo siap gila dan siap dipenjara ya gak apa2

    Suka

  4. Agus Ali berkata:

    Great Bro,hidup hanya sekali kalo tidak punya sesuatu yang besar di dunia ini yang kita tinggalkan sebagai warisan yg akan dikenang sepanjang masa kita seperti orang biasa2 saja,… nothing

    Mengambil resiko punya resiko tidak ambil resiko pasti lebih ber resiko lagi hidup ini

    Suka

Tinggalkan Balasan

