Uncategorized

Program Aksi Selepas Ramadhan

Selepas Ramadhan tahun lalu, saya mendeklarasikan diri untuk mulai mempraktekkan gaya hidup minimalis.

Alasannya, saya pikir perlu melakukan semacam “follow up” kebiasaan baru dari aktivitas ibadah selama Ramadhan.

Bukankah puasa mengajarkan untuk menahan nafsu dan hidup sederhana?

Saya pilih program gaya hidup minimalis karena sudah lama saya pikirkan dan cukup mudah dilakukan saat itu secara bertahap.

Hasilnya, saya langsung mengeluarkan hampir 90% pakaian dari lemari dan meninggalkan kurang lebih 20 potong saja untuk dipakai
sehari-hari.

Sampai hari ini saya mensyukuri dan menikmati keputusan untuk membebaskan diri dari “clutter” itu.

Selanjutnya saya pun mulai mengurangi ketergantungan terhadap gadget, membeli dan menumpuk buku yang akhirnya tidak terbaca, dan sebagainya.

Ramadhan tahun ini saya belum memutuskan program aksi apa untuk dipilih.

Ada teman menulis di blognya bahwa ia akan membuat jurnal syukur setiap hari. Good.

Ada yang mau menyumbang ide?

Standar

2 thoughts on “Program Aksi Selepas Ramadhan

  1. Selanjutnya saya pun mulai mengurangi ketergantungan terhadap gadget, membeli dan menumpuk buku yang akhirnya tidak terbaca, dan sebagainya. –> ah ternyata saya ada temennya. saya tidak bersosmed via android maupun blackberry. sekarang saya cuma pake 1 hp nokia 6300 aja meskipun saya di bisnis IT website.
    Trims sharingnya…

    Suka

Tinggalkan Balasan

