Business

Efektif atau Efisien?

Seorang pemilik yang juga merangkap CEO sebuah perusahaan UKM dihadapkan pada 2 pilihan, menghemat atau menambah biaya.

Setelah mewawancarai 2 orang pelamar untuk posisi sales, ia dihadapkan pada 2 pilihan. Satu orang pelamar adalah fresh graduate tanpa pengalaman, bersedia digaji setara UMP (belum termasuk bonus dan komisi).

Sementara kandidat lain punya pengalaman lebih dari 2 tahun dengan track record meyakinkan. Sayang, ia mengajukan gaji pokok jauh lebih tinggi, 2,5 juta rupiah, belum termasuk komisi dan bonus pencapaian target.

Siapa yang harus dipilih?

Standar

12 thoughts on “Efektif atau Efisien?

  1. Bergantung kepada kemampuan perusahaan saat ini. Bila memang mampu menggaji yg pengalaman lebih baik yg pengalaman namun bila tidak mampu tidak ada pilihan lain harus yg fresh graduate.

    Suka

  2. aris suryadi berkata:

    Freshgraduate butuh training yang jauh lebih lama dibanding yang sudah berpengalaman, otomatis butuh cost yang jauh lebih besar, sedangkan perusahaan sedang melakukan penghematan

    sedangkan yang berpengalaman, sudah tahu “do and don’t” nya, dalam jangka waktu sebulan (sebelum ia gajian) perusahaan sudah bisa mendapatkan kelipatan omset, dan otomatis dia bisa menggaji dirinya sendiri.

    beliau efektif dan bisa menciptakan efisiensi dalam perusahaan

    ini sekedar pendapat pribadi dari pengalamn saya mendirikan startup software house.

    Suka

  3. Berdasarkan pengamatan dan pengalaman, menggunakan karyawan freshgradute kurang efektif karena energi kita masih tersita disana padahal kita ingin mengembangkan lini lainnya….desember rencananya saya mau rekrut karyawan berpengalaman di bidang sales….

    Suka

  4. saya suka pada pilihan pertama, karena walaupun susah mengajarkan seseorang dari awal butuh waktu dan tenaga tapi ada kepuasan tersendiri bisa berbagi ilmu apalagi jika ternyata nanti dia bisa sukses, yang penting punya kemauan belajar

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s