Business

Bisnis, Pilih Jalan Panjang atau Jalan Pendek?

Ada dua fenomena bisnis saat ini, fenomena jalan pendek dan jalan panjang.

Jalan pendek, dicarilah cara-cara untuk memangkas proses itu menjadi instan. Salah satunya melalui rekayasa keuangan. Di lapangan ada istilah “goreng-menggoreng” rekening untuk mendapatkan kredit dari bank.

Padahal, cashflow bisnis sesungguhnya tidak seperti yang dicitrakan di hadapan bank.

Kredit pun dengan mudah didapat dengan angka yang fanstastis. Soal bagaimana mengelola bisnis, itu urusan belakang.

Ada lagi yang menempuh jalan panjang. Memang melelahkan. Seperti pohon, dimulai dari menanam, memelihara dan akhirnya memetik buahnya.

Prosesnya panjang dan melelahkan. Segenap kemampuan harus dikeluarkan. Segenap ilmu harus diserap dan diterapkan untuk menjaga kelangsungan bisnis. Bencana pun kerap menghampiri dan harus dihadapi dengan tabah.

Pada akhirnya, pebisnis sejati itu dilihat dari karakternya. Dan karakter itu dibangun tidak dalam semalam, perlu proses panjang. Membangun bisnis adalah membangun karakter, tidak semata soal uang dan kekayaan saja.

Iklan
Standar

13 thoughts on “Bisnis, Pilih Jalan Panjang atau Jalan Pendek?

  1. kalo lagi sangat butuh modal gede, saya pilih jalan pendek aja Mas. toh seorang pengusaha sejati harus berani menanggung resiko ke depannya, entah nanti untung atau buntung. tapi saya tidak suka dng cara memanipulasi laporan keuangan di bank. saya menerapkan kejujuran saja, mengikuti Adab Rosullullah SAW. Pak Tung juga pernah mengajarkan, pilih mana 100 juta yg didapat dalam 1-3 hari, atau 1 Milyar dalam waktu 10 tahun ? tentu yg dipilih adalah yg tercepat, bukan yg terbesar (ajarannya Pak Tung) šŸ˜€

    Suka

  2. lusi kusman berkata:

    saya pilih berusaha terus pantang mundur,mau jalannya pendek atau panjang itu semua Allah yang menentukan,kita manusia hanya bisa berusaha yang penting kita harus jujur dan sabar dlm menjalankannya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s