Uncategorized

Bisnis Seperti Apa yang Layak Dimodali?

Beberara waktu lalu TDA mengadakan forum bertopi tentang Venture Capital (VC) yang lagi marak di Indonesia. Topik ini juga menjadi sajian utama majalah SWA beberapa waktu lalu.

Perusahaan-perusahaan VC tumbuh bak cendawan di musim hujan dengan dukungan kapital tidak main-main. Mereka hadir di tengah maraknya industri kreatif yang sedang gencar digalakkan pemerintah saat ini.

Namun, kelemahan industri kreatif di tahap awal adalah ketiadaan aset dan rekam jejak yang menyulitkan perbankan menyuntikkan dananya. Maka, ini menjadi peluang bagi perusahaan-perusahaan VC dengan segenap risikonya, tentu saja.

Mas Dondi Hananto dari Kinara VC dan Andrias Ekoyuono dari Ideosource berkesempatan berbagi cerita mengenai dunia VC dan peluangnya bagi teman-teman TDA.

Perusahaan start-up seperti apa yang memenuhi kriteria VC untuk dimodali? Itu adalah pertanyaan sebagian besar peserta.

Kesimpulannya, yang dicari adalah perusahaan start-up yang punya model bisnis yang sustainable dan scalable. Perusahaan tersebut juga harus didukung oleh founder yang memiliki kredibilitas tinggi dan passionate terhadap bisnisnya.

Apa itu model bisnis (business model)? Adalah bagaimana perusahaan menciptakan, men-deliver value, dan mendapatkan value
(komersialisasi).

Ada buku menarik tentang hal ini judulnya Business Model Generation yang ditulis secara crowdsourcing bersama Alexander Osterwalder (silakan Googling kata kunci tersebut untuk mendalami lebih lanjut).

Sustainable, perusahaan atau model bisnis itu berpeluang untuk tumbuh secara berkesinambungan. Bukan bisnis musiman atau sekedar tren sesaat. Bisnis-bisnis yang project based atau B2B dinilai kurang sustainable.

Scalable, bisnisnya punya potensi untuk diperbesar skalanya, mulai tingkat nasional, regional bahkan internasional. Ada bisnis yang tampak keren tapi sulit diperbesar skalanya. Hal ini dihindari oleh perusahaan-perusahaan VC yang akan berinvestasi.

Banyak jalan menuju Roma. Teman-teman yang punya ide-ide bisnis kreatif, jangan kecil hati bila bank enggan melirik. Banyak perusahaan VC yang akan tertarik dan meminang anda. Asal penuhi syarat-syaratnyaM buatlah perusahaan anda seperti gadis cantik yang akan digilai banyak pemuda🙂

Standar

5 thoughts on “Bisnis Seperti Apa yang Layak Dimodali?

  1. Mungkin ini salahsatu–atau salah tiga, yah?? *haha* untuk membuat usaha kita terlihat “cantik” :

    1. Kredibel harga mati!
    2. Pertahankan terus professionalisme.
    3. Jangan malu dan ragu minta testimonial dari para pelanggan kita yang puas untuk dipublikasikan ke umum.

    Suka

  2. Pak Roni, saya dan tim ingin mengajukan Business Plan saya ke VC, mohon bisa memberikan contact person atau menjelaskan prosedur yang harus kami jalani?
    Terima kasih..
    ockyharli.wordpress.com

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s