Uncategorized

Enam Tahun Ngeblog dan Tantangannya

Gara-gara membaca twit Pak @nukman tentang pertemuan blogger ASEAN di Bali, saya jadi teringat bahwa tanggal 15 kemarin tepat 6 tahun saya ngeblog.

Selamat untuk diri saya yang selama 6 tahun telah konsisten menulis blog sampai sekarang. Setiap bulan selalu ada postingan di blog saya tanpa jeda, walau pun pernah satu bulan hanya 1 postingan saja.

Terlepas dari apakah tulisan saya berkualitas atau tidak, bermanfaat atau tidak, paling tidak saya bisa mengklaim diri sebagai blogger yang konsisten menulis.

Ya, ngeblog menurut saya bukan soal 1-2 tulisan yang berkualitas, tapi soal konsistensi. Ingat Catatan Pinggir-nya Goenawan Mohamad itu ditulis sejak puluhan tahun lalu sampai sekarang! Ngeblog itu ibarat berlari maraton, bukan sprint 100 meter saja.

Insya Allah, saya akan terus menulis, walau hanya 1 orang yang membaca blog ini. Saya menulis, minimal untuk diri sendiri. Tulisan-tulisan saya sebenarnya sering ditujukan kepada diri saya sendiri. Sambil juga bisa dibaca oleh yang lain, agar manfaatnya lebih besar.

Tantangan menulis blog sampai saat ini adalah sama, menurut saya, yaitu soal komitmen dan konsistensi. Banyak yang berguguran dalam hal ini.

Media yang berubah, sarana yang berubah begitu cepat membuat tantangan ngeblog makin besar.

Maka, saya pun berpikir bagaimana perubahan itu bisa saya manfaatkan supaya bisa lebih sering ngeblog, bukan sebaliknya.

Kalau anda perhatikan, ada yang berubah dari blog saya setahun terakhir ini. Tulisan saya pendek-pendek, sering salah typo, tidak ada link, tidak ada gambar, tidak ada kategorisasi postingan. Ya, semua itu terjadi lantaran saya sering ngeblog via BlackBerry, bukan lagi dari laptop.

Saya sering ngetik di jalan atau sambil menunggu makan siang datang via Gmail, kemudian saya posting keesokan paginya. Tulisan
pendek-pendek, karena memang tidak leluasa ngetik di BB ketimbang dari laptop. Makanya, tulisan jadi pendek dan to the point, tidak banyak “bumbu” (terinspirasi dari Seth Godin dan Bob Bly).

Buat saya, yang penting konsisten ngeblog dan tetap ada “sesuatu” dalam tulisan itu.

Terima kasih buat pembaca yang setia mengunjungi blog ini. Karena anda juga saya tetap bertahan ngeblog. Semoga ada manfaatnya.

Saya mau berangkat dulu antar anak sekolah🙂

Have a happy day!

Standar

18 thoughts on “Enam Tahun Ngeblog dan Tantangannya

  1. Selamat pak atas kosistensinya ngeblog…saya penyuka tulisan bpk yg pendek, simple dan to the point, krn utk menulisnya dibutuhkan kecerdasan mengolah kata dan kalimat…..salam

    Suka

  2. waw…. manteb tuch pak…..
    6 tahun dan konsisten…. waktu yang lama.
    saya malah mood mood tan pak….
    tapi semoga saja saya bisa lebih aktif ngeblog.😀

    salam.😀

    Suka

  3. luar biasa inspiratif…saya mengikuti jejak Pak Rony…bedanya blog saya isinya ungkapan isi hati perjalanan saya memulai bisnis setahun ini…msh malu mempublikasikannya hehee…enak bgt menuangkan kedalam tulisan di setiap kejadian, buku yg dibaca atau hasil mengikuti seminar/workshop dgn bahasa kita…

    Suka

  4. Hebat, Pak! Sejak saya masuk ke dunia kerja, waktu banyak tersita. Sulit sekali mencari waktu senggang untuk fokus menulis, meski draft (yg belum di-publish) sudah puluhan.

    Suka

  5. Saya punya 4 blog mulai dari bisnis sampai personal. Dulu gak konsisten tapi sekarang kalau satu hari saja gak ngisi satu tulisan di salah satu blog rasanya ada yang kurang. Kalau benar penyakit kecanduan tak baik, tak apa kalau itu adalah mau kecanduan menulis..

    Suka

  6. Saluut deh untuk konsistensinya. Tingkatan konsistensi saya masih dibawah anda. mulai bikin blog tahun 2008 dan (mencoba) konsisten ngeblog mulai juni 2010, masih ada aja bulan yg gak posting sama sekali.
    keep writing, keep blogging pak.

    Suka

  7. alhamdulillah sy dpt banyak pencerahan…terima kasih…terus nulis ya pa! sy juga dapet wawasan bisnis yg luas tanpa banyak keluar uang buat beli buku. buat sales motor seperti saya, berhemat dan tambah ilmu itu sama penting nya. mohon bapa terus nulis blog!

    Suka

Tinggalkan Balasan

