Life, Renungan

Mama

Bicara soal Mama, saya tidak berani mengklaim sudah bisa membuatnya bahagia dan bangga.

Saya hanya berusaha merasakan “getaran” atau vibrasi yang beliau pancarkan ketika bersama saya. Dari getaran itu saya bisa merasakan bagaimana keadaan Mama, terutama hatinya.

Saya ingat ketika shooting program Zero to Hero di Metro TV beberapa waktu lalu. Mama diminta bicara mengungkapkan bagaimana perasaannya terhadap saya, anaknya.

Ini adalah “moment of truth” buat saya. Saya tidak menitip pesan atau mengarahkan agar Mama bicara seperti yang saya mau. Saya biarkan saja Mama bicara apa adanya. Yang jelek pun silakan dikeluarkan.

Saya hanya mengintip dari jauh pengambilan gambar itu dan mendengarkan penuturannya. Ternyata, beliau senang dan bangga punya anak seperti saya. Saya dinilai cukup perhatian terhadap keluarga meski sibuk dengan berbagai urusan lain.

Memang ada kejelekan saya diungkap. Saya cukup kaget mendengarnya. Saya pasrah saja, apakah Metro TV akan mengungkap atau mengedit bagian itu. Ternyata diedit. Alhamdulillah.

Tapi saya belajar bahwa perbuatan buruk saya, meski sudah lama sekali, tetap diingat oleh Mama. Walau pun saya yakin beliau telah memaafkannya.

Statement itu sudah cukup membuat saya lega. Mengingat sebetulnya apa yang telah saya berikan kepadanya masih jauh dari nilai cukup, apalagi sempurna. Saya hanya ingin beliau mengetahui bahwa anaknya ini selalu berusaha untuk berbuat yang terbaik untuknya, meski masih “compang-camping” dan jauh dari sempurna. Meski kadang perbuatan saya membuat hatinya terluka.

Saya hanya ingin Mama tahu itu.

Selamat Hari Ibu.

Standar

One thought on “Mama

Tinggalkan Balasan

