Wealth

Berapa Idealnya Kekayaan Bersih Sesuai dengan Usia Saya?

Mungkin ada di antara kita yang bertanya seperti ini:

Usia saya 35 tahun, saya bekerja/berbisnis sudah sekian tahun dengan pendapatan sekian per tahun.

Berapa idealnya kekayaan bersih yang saya miliki?

Kekayaan bersih atau net worth adalah pengurangan dari nilai aset dengan hutang.

Ada rumus menarik saya dapatkan dari buku Stop Acting Rich and Start Living Like A Real Millionare oleh Thomas J. Stanley Ph.D.

“Kekayaan bersih anda seharusnya senilai 10 persen usia anda dikali dengan pendapatan bersih tahunan anda (0,10 x usia x pendapatan tahunan = kekayaan bersih yang diharapkan).”

Jika kekayaan bersih anda saat ini di atas angka itu berarti anda sudah kaya (affluent), menurut pendekatan ini.

Misalkan usia anda saat ini 35 tahun dengan pendapatan pertahun Rp. 100 juta, kekayaan bersih anda seharusnya adalah Rp. 350 juta.

Standar

3 thoughts on “Berapa Idealnya Kekayaan Bersih Sesuai dengan Usia Saya?

  1. Oki Baskoro Rachmat berkata:

    Thanks atas sharingnya, Pak Roni. Satu pertanyaan saya, kekayaan bersih dari rumus di atas, saya asumsikan termasuk aset yang kita miliki spt rumah. Benar yach, Pak Roni?

    Suka

Tinggalkan Balasan

