Books and Learning, Business, Mindset, Motivasi

Teddy P. Rachmat: Perbedaan antara Pengusaha dan Pegawai adalah dalam Hal Mengelola Ketakutan

Dalam sebuah bab di buku Pembelajaran Teddy P. Rachmat, ia bercerita tentang momen peluang emas yang dilewatkannya karena rasa takut yang mengalahkan keberaniannya mengambil keputusan.

Kala itu di tahun 1998 Astra Internasional, di mana ia menjadi CEOnya sedang limbung dan akan dilepas dengan harga sangat murah, hanya USD 65 juta.

Ia sangat yakin bahwa nilai perusahaan itu sangat bagus. Manajemennya tidak bermasalah. Hanya saat itu kondisi sedang krisis dan semua perusahaan terpuruk ke dalam masalah yang berat.

Jika saja ia ketika itu punya keberanian membeli seluruh saham Astra Internasional dengan meminjam uang ke sana ke mari, ia pasti sudah “ongkang-ongkang kaki” saat ini jadi pemilik perusahaan terhebat dan terbesar di Indonesia saat ini.

Hal itu tidak dilakukannya dan menjadi penyesalan terbesarnya sepanjang karir.

Akhirnya ia mengakui bahwa masalahnya adalah ketakutannya dalam mengambil keputusan. Itulah yang, menurutnya, menjadi pembeda antara pegawai dan pengusaha, soal mengelola ketakutan.

Belajar dari kesalahan itu, selepas dari Astra ia menggenjot perusahaannya yang sudah dimulai sejak masih di Astra, yaitu Adira Finance.

Ia memberanikan diri meminjam dalam skala besar dan membenahi manajemen Adira menjadi ekselen. Karena pertimbangan strategis, maka sebagian saham Adira dijual ke Danamon. Hasil penjualan itulah yang kemudian digunakannya untuk mendirikan grup perusahaan Triputra yang saat ini omzetnya sudah puluhan triliunan.

Badroni Yuzirman
http://www.manetvision.com
@roniyuzirman

Standar

5 thoughts on “Teddy P. Rachmat: Perbedaan antara Pengusaha dan Pegawai adalah dalam Hal Mengelola Ketakutan

  1. Heru berkata:

    Menarik sekali. Ini artinya berutang/meminjam uang itu bukan hal yang harus dihindari, asalkan ia dibelajakan untuk membeli sesuatu yang bisa menjadi cash machine dan tentu saja bisa kita punya komitment untuk melunasi utang tsb.

    Suka

  2. Ping-balik: Perbedaan antara Pengusaha dan Pegawai – Roni Yuzirman | Pesta Wirausaha 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s