Books and Learning

Topik Sama, Pendekatan Beda

Saya diminta untuk memberikan seminar tentang bagaimana memulai bisnis oleh Klub Sukses Mulia.

Topik ini, mungkin sudah puluhan kali saya bawakan dan saya sendiri mulai bosan dengan materinya.

“Judulnya apa Mas?”, tanya panitia.

Untuk beberapa saat saya belum memberikan jawaban. Padahal judul dan materi power point presentasinya sudah ada sejak lama.

Saya ingin yang beda kali ini.

Akhirnya dapat ide. Judulnya Cara Sederhana Memulai Bisnis.

Lho, kok judulnya begitu doang? Kok nggak bombastis?

Memang gitu doang🙂

Menurut saya, memulai bisnis itu mestinya sederhana dan mudah. Yang tidak mudah adalah mempertahankan dan membesarkannya.

Saya ubek-ubek buku referensi mengenai memulai bisnis yang sederhana, yang nggak njlimet dan terlalu “tinggi” teorinya.

I believe in simple.

Alhamdulillah, respon peserta begitu positif. Pertanyaan mengalir bertubi-tubi dari awal sampai akhir sesi.

Saya pun ingin seminar itu memberi dampak yang jauh, yang long lasting kepada peserta.

Satu lagi perbedaan gaya presentasi saya adalah tidak menggunakan slide power point, tapi menggunakan mind mapping.

Ini pendapat salah satu peserta @badra_w_cahya di Twitternya: “Akhirnya nemu pembicara pake Mind Mapp..Nendang Abis :-)”

“Out of the box + circle presentation.. No .ppt. Gw bangetttt! :D”

Ya, sebuah materi yang membosankan buat saya, karena telah disampaikan bertahun-tahun, akhirnya menjadi menarik dan segar lagi dengan cara penyampaian dan pendekatan yang berbeda.

Foto by @badra_w_cahya

Badroni Yuzirman
http://www.manetvision.com
http://www.roniyuzirman.com
@roniyuzirman

20130223-134601.jpg

Standar

5 thoughts on “Topik Sama, Pendekatan Beda

Tinggalkan Balasan

