Business, Mindset

Ilmu Gratisan untuk Memulai Bisnis

Kemarin saya berkenalan dengan Mas Wisnu, salah seorang pemilik @RumahSushi yang lagi berkembang saat ini.

Saya tanya, apakah ada latar belakang pengalaman yang berhubungan dengan sushi sebelumnya?

Dia jawab, tidak.

Ia berlatar belakang sebagai PR.

Ternyata ia belajar bikin sushi dari video di Youtube!

Wow…

Saya jadi ingat salah seorang kerabat di Lembang yang berjualan martabak manis dan Mesir.

Ketika saya tanya, di mana belajar bikin martabak Mesir?

Jawabnya, dari memperhatikan orang India yang berjualan martabak di Seremban (Malaysia).

Pedagang martabak itu tidak mau membagi resepnya.

Alhasil, setiap hari ia memperhatikan gerak-geriknya saat membuat adonan dan memasaknya.

Ia pun mencoba-coba sendiri dengan menggunakan perkiraan saja. Try error. Coba bumbu ini. Kalau enak, lanjut. Kalau tidak enak, diganti. Demikian terus sampai ketemu rasa yang pas.

Saya hanya ingin menyampaikan, kemauan adalah kuncinya. Pasti ada jalan.

Badroni Yuzirman
http://www.manetvision.com
http://www.roniyuzirman.com
@roniyuzirman

Standar

5 thoughts on “Ilmu Gratisan untuk Memulai Bisnis

Tinggalkan Balasan

