Books and Learning, Life, Mindset

Artis, Siapa Dia?

Tadi saya sempat nge-Twit tentang era baru yang membutuhkan cara pandang dan cara berpikir baru.

Ini adalah era di mana terjadi demokratisasi akses dan kesempatan bagi siapa pun yang ingin menyuarakan apa yang menurutnya penting.

Dengan saling terkoneksinya manusia, maka semua itu akan dimungkinkan disambut oleh siapa pun yang tertarik dengan ide itu dan kemudian ikut menyebarkannya.

Sekarang adalah era saling terkoneksi dan semakin besar kesempatan kita untuk menjadi artis, kata Seth Godin dalam buku terbarunya Icarus Deception.

Apa itu artis?

Menurut definisi baru Godin, artis bukanlah profesi yang kita ketahui selama ini yang menjadi domain para seniman, pelukis, penyanyi, sastrawan, pembuat puisi, pematung, dan sejenisnya.

Artis bukanlah seseorang dengan bakat khusus. Artis adalah sebuah sikap dari seseorang yang membuat sesuatu yang belum dikerjakan sebelumnya. Ia merintis jalan baru. Seperti pelukis yang melukis di kanvas putih.

Hasil karyanya menyentuh dan menggerakkan orang banyak. Ia membuat koneksi antara orang dan ide-ide, bekerja tanpa menggunakan peta atau petunjuk arah.

Jika anda, pembaca blog ini, merasa mempunyai kualitas itu, anda adalah seorang artis.

Oya, menjadi artis tipe ini juga mengandung unsur nyali dan keberanian. Karena di balik semua ide itu terselip risiko. Risiko dikritik dan ditentang oleh orang banyak.

Mereka yang memulai bisnis atau menginisiasi sebuah gerakan atau ide perbaikan apa pun termasuk golongan artis era baru ini.

Badroni Yuzirman
http://www.manetvision.com
http://www.roniyuzirman.com
@roniyuzirman

Standar

One thought on “Artis, Siapa Dia?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s