Uncategorized

Enam Kebiasaan Harian Seorang “Artis”

Ini melanjutkan postingan yang terinspirasi dari buku Icarus Deception-nya Seth Godin tentang “artis” yang saya tulis beberapa waktu lalu (maaf, link tulisan tidak bisa saya berikan karena saya mengetik tulisan ini pakai BlackBerry, harap maklum, silakan search sendiri ya).

1. Duduk sendiri, duduk diam, merenung, berpikir, berimajinasi. Ajukan pertanyaan: Bagaimana jika? Bagaimana seandainya? Bisa nggak ….?

2. Pelajari sesuatu yang baru tanpa tujuan apa-apa. Tanpa tujuan manfaat praktis, apalagi finansial. Just learn something new.

3. Minta pendapat orang lain tentang ide anda. Pastikan teman ini adalah orang yang punya sikap positif, suka mendukung ide-ide baru, berpikiran terbuka, punya wawasan luas. Hindari minta pendapat dari “kerumunan” yang nggak jelas, yang suka berkomentar negatif, yang menarik kita “ke belakang”.

4. Luangkan waktu untuk mendukung ide-ide dan proyek sesama “artis” lain. Bergabung di kumpulan atau komunitasnya.

5. Mengajar atau sharing ide-ide anda melalui media yang ada. Tujuannya adalah untuk mencari pendukung untuk membuat perubahan yang diinginkan.

6. Distribusikan ide/proyek/produk yang telah dibuat. Beberapa waktu lalu saya dikenalkan sebuah platform crowdfunding http://www.kitabisa.co.id. Ini adalah wadah mempertemukan para aktivis gerakan sosial dengan pendana individual. Ini keren sekali dan ketika saya diperkenalkan, tidak ada alasan buat saya untuk tidak mendukungnya. Mereka adalah anak-anak muda baru lulus kuliah dengan semangat membuat perubahan. Mereka adalah para “artis” yang dimaksud oleh Godin.

Selamat mencoba.

Let’s make art!

Badroni Yuzirman
http://www.manetvision.com
http://www.roniyuzirman.com
@roniyuzirman

Standar

5 thoughts on “Enam Kebiasaan Harian Seorang “Artis”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s