Books and Learning, Komunitas TDA, Life, Mindset

Sinyal dan Noise di Twitter

Saya belum baca buku Signal and Noise, tapi kira-kira saya menangkap apa maksudnya.

Di era informasi serba berlimpah ini, kita seperti berada di tengah pasar yang besar di nama semua pedagang berteriak menjajakan dagangannya di tengah pengunjung yang lalu lalang berjubel.

Kondisi seperti itu sedang kita alami saat ini di mana informasi itu datang bak air bah tanpa henti dari berbagai penjuru.

Isu ketinggalan informasi tidak ada lagi saat ini. Yang ada adalah kelebihan informasi.

Nah, kita harus bijak dan punya sikap di dalam mengkonsumsi banjir informasi ini.

Harus bisa memilah mana yang “sinyal” atau “noise”, Noise maksudnya hanya sekedar debu yang mengotori baju kita alias kotoran tak berguna atau sinyal pertanda ada sesuatu yang penting dan besar di balik twit seseorang di timeline kita.

Sinyal inilah yang perlu kita tangkap dan ikuti ke mana arahnya. Barangkali informasi itu penting buat bisnis atau kehidupan kita.

Misalnya, saya follow Twitter Mas @ReneCC. Di tengah kicaunya yang suka heboh dan gaul itu sering terselip “sinyal” penting yang perlu ditelusuri.

Pagi ini Mas Rene berulang kali ngetwit dengan hashtag #leanSGP. Apa itu? Saya ingin tahu.

Akhirnya dijelaskanlah dengan singkat apa itu #leanSGP yang merupakan salah satu cabang dari gerakan Lean Startup yang diinisiasi dari buku Lean Startup karya Eric Ries. Saya sering melihat buku ini di toko buku, tapi nggak ‘ngeh kalau buku ini cukup penting.

Setelah saya Google sebentar tentang buku ini, saya baca review-nya di Good Reads, saya pun beli bukunya di @kobo.

Mas Rene menjanjikan akan sharing cerita ini sepulangnya dari Singapura nanti. Menurutnya, ini penting untuk diketahui oleh teman-teman TDA dan barangkali TDA tertarik untuk bergabung di dalamnya.

Twit-twit sejenis dari Mas @Handoko_H @yuswohady @yoris @strategi_bisnis juga sering saya temukan “sinyal” di dalamnya.

Memang tidak mudah memilah mana yang sinyal atau noise. Harus punya curiosity dan kemahiran memilah mana yang penting dan esensial dan mana yang bukan.

Standar

Tinggalkan Balasan

