Business, Komunitas TDA, Money and Investing

Metro Tanah Abang, Apa Kabarnya Kini?

Bagi yang mengikuti sejarah TDA sejak awal tentu tahu bahwa TDA berawal dari penawaran kios gratis dari Pak Haji Alay (Nuzli Arismal) di ITC Mangga Dua dan Metro Tanah Abang.

Ada 12 orang perintis TDA yang bergabung di ITC Mangga Dua dan 4 orang di Metro Tanah Abang. Kios-kios itu dipinjamkan gratis, cukup bayar service charge bulanan. Jika berminat dan bisnisnya berkembang, kios itu bisa dibeli atau disewa.

Apa yang terjadi sekarang?

ITC Mangga Dua sudah ditinggalkan teman-teman TDA. Empat orang teman TDA juga telah angkat kaki dari Metro Tanah Abang.

Artinya program itu tidak membuahkan hasil menggembirakan. Kondisi terakhir area Blok D tempat kios-kios teman-teman berada masih seperti dahulu masih sepi dan tidak jelas arah dan perkembangan ke depannya.

Bagaimana dengan kondisi di Metro Tanah Abang? Perbandingannya ibarat bumi dan langit.

Kalau dulu kios dipinjamkan saja banyak yang ogah, sekarang harga kios ukuran 4 x 2 meter saja sudah mencapai Rp. 10 miliar.

Bagaimana dengan sewanya?

Harga sewanya mulai dari Rp. 500 juta sampai Rp. 900 juta per tahun. Lumayan?

Berapa harga kios ditawarkan ketika itu (tahun 2006)? Harganya “hanya” Rp. 1 miliar. Bayangkan, dalam 7 tahun harganya meningkat 10 kali lipat!

Pak Haji dan 2 orang adiknya termasuk yang membeli beberapa kios di sana dan menikmati passive income dari sewa ratusan juta per tahun.

Pak Haji berpesan kepada saya tentang ketahanan dalam berbisnis yang harus dimiliki oleh teman-teman TDA. Mereka yang sabar dan bertahan pada akhirnya meraih kesuksesan.

Namun, di balik itu beliau juga menimpali bahwa setiap peluang itu tidak ada jaminan sukses. Siapa yang menyangka kios di Metro akan seperti itu dan di ITC Mangga Dua berlaku sebaliknya?

Standar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s