Books and Learning, Life, Mindset

Tim Ferriss, Seorang Life Hacker dengan Jutaan Pengikut

Termasuk saya🙂.

Pembaca pasti kenal dong dengan Tim Ferriss.

Bukunya The 4Hour Workweek jadi bestseller sejak 2007, dapat pujian sekaligus kritik di mana-mana. Namun tak sedikit juga pengikutnya yang berubah cara pandang dan mencoba idenya yang menentang arus ini.

Bekerja hanya 4 jam selama seminggu? Banyak yang bertanya, apakah itu mungkin?

Ya, bagi Tim Ferriss mungkin saja. Dan dia sudah mencobanya dan menawarkannya kepada pembaca.

Ia menawarkan ide untuk menjadi “orang kaya baru”. Orang kaya baru menurut definisinya bukanlah seperti yang kita kenal selama ini dengan perusahaan banyak, aset berlimpah, gaya hidup menawan.

Menurutnya, orang kaya baru adalah mereka yang tidak dikendalikan oleh pekerjaannya atau hartanya. Mereka adalah orang yang pendapatannya pas. Pas untuk membebaskannya dari tekanan pekerjaan, bebas menentukan kapan, di mana dan berapa lama dia bekerja. Pas untuk membebaskannya untuk misalnya, keliling dunia, berlatih tango di Argentina, belajar Thai Boxing di Bangkok, belajar Kungfu di China. Itu versi Tim Ferris yang menurut ceritanya pernah mengalami pekerjaan yang membuatnya “terpenjara” dan “menderita”.

Setelah sukses dengan buku pertama, ia melanjutkannya dengan seri life hacker berikutnya: The Four-Hour Body dan The Four-Hour Chef.

Sama dengan buku pertama, The Four-Hour Body mengajarkan bagaimana bisa sehat, kuat, tangkas, body six pack dalam waktu singkat atau usaha yang minimal.

Begitu juga The Four-Hour Chef, menawarkan cara belajar apa pun, mulai dari belajar masak, berkuda, bahasa asing, berenang dan sebagainya dalam waktu singkat.

Ini keunikan Tim Ferris, seorang Life Hacker yang suka pempertanyakan segala sesuatu dan rajin bereksperimen apa saja.

Buku pertama dan keduanya sudah khatam saya baca. Buku ketiga baru akan dibaca. Sebagian isinya masuk akal dan sebagian lagi saya punya pendapat berbeda. Tidak semua pendapatnya saya amini.

Dari beberapa idenya yang saya coba, hasilnya memang keren🙂

Top dah!

NB: untuk penelusuran lebih lanjut, silakan Googling “Tim Ferris”, “The Fourhour Workweek” atau videonya “Tim Ferriss TED”

20131125-054305.jpg

Standar

3 thoughts on “Tim Ferriss, Seorang Life Hacker dengan Jutaan Pengikut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s