Books and Learning, Business, Mindset

Oom Wiwied C-59, Legenda Bisnis Kaos

Dalam kesempatan menghadiri Pesta Wiurausaha TDA Padang lalu, saya dapat kesempatan emas berkenalan dengan Oom Wiwied, pakar kaos legendaris pendiri C-59 dari Bandung. Siapa tak kenal sosok malang melintang di dunia perkaosan ini.

Sejak SMP, saya dan teman-teman sudah mengenal merek ini dan begitu bangga mengenakan kaos perpisahan kelas buatannya.

Satu hal unik dalam dirinya adalah gayanya yang “selengean” alias gaul banget. Berkaos warna ngejreng, bercelana pendek, dengan dompet diberi rantai plus sepatu kets New Balance warna merah. Rambutnya yang memutih disisakan di bagian jambul saja. Selebihnya dicat hitam.

Saat berbicara, barulah saya sadar bahwa sosok ini adalah seorang pengusaha “street smart” yang banyak akal dan sering “out of the box” ide-idenya.

Salah satu contohnya, ketika ia ditegur oleh pihak Harley Davidson Amerika karena datang ke sana memakai kaos palsu buatannya.

“Harley adalah agama saya,” ia berkilah. “Kalau anda melarang saya membuat kaos ini, beri saya pekerjaan yang legal sebagai gantinya.”

Pihak Harley sulit menjawab permintaan itu kecuali memberinya kesempatan. Maka sejak hari itu ia pun menjadi pembuat merchandise resmi Harley yang didistribusikan ke seluruh dunia. Berbekal portofolio itu, ia pun mendapatkan pekerjaan dari brand-brand fashion ternama lainnya, seperti Hugo Boss, Abercrombie dan lain-lain.

Beberapa nama beken di bisnis kaos dan fashion juga adalah binaannya. Joger Bali, Pak Perry juragan FO Bandung adalah di antaranya.

Oom Wiwied adalah legenda di dunia kaos. Jejaknya yang panjang telah meninggalkan banyak tanda eksistensinya di dunia ini.

Di usianya yang tak lagi muda, ia tetap banyak ide dan rencana brilian. Pikirannya seperti anak muda usia 20-an.

Makanya saya berseloroh kepada beliau yang memang selalu bercanda “Usia boleh tua, tapi pikiran tetap muda ya, Oom”, yang disambutnya dengan tertawa lepas.

20131205-061106.jpg

Iklan
Standar

8 thoughts on “Oom Wiwied C-59, Legenda Bisnis Kaos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s