Business

Scalable and Sustainable

Saya sering ditanya, apa bisnis yang bagus?

Biasanya penanya langsung ingin disebutkan jenis bisnis/usahanya.

Saya biasanya mengelak menyebutkan jenis usaha tertentu.

Saya lebih suka menyebutkan ciri-ciri bisnis yang bagus itu seperti apa.

Dua kriteria bisnis yang bisa jadi pedoman adalah apakah bisnis itu “scalable” alias bisa dibesarkan skalanya dan juga “sustainable” atau berkesinambungan.

Scalable, adalah bisnis yang bisa melayani sebanyak mungkin konsumen. Mulai dari skala lokal, nasional, regional, bahkan internasional. Ada bisnis yang keren tapi hanya mampu melayani di kota tertentu saja misalnya. Tidak bisa dibawa melintasi propinsi.

Ada juga produk yang ketika melayani konsumen lokal sangat baik, tapi ketika diperbesar skalanya menjadi nasional ia menjadi gelagapan lantaran sulit mencari bahan baku dan tenaga kerja ahli. Akhirnya mentok skalanya.

Selain scalable, juga harus sustainable alias berkesinambungan. Bukan hanya musiman satu dua tahun saja dan setelah itu hilang ditelan gelombang. Banyak bisnis yang seperti itu. Dalam waktu singkat booming namun cepat juga meluncur turun. Biasanya lantaran banyak pesaing dan terjadilah banting-bantingan harga. Apalagi yang produknya termasuk komoditas. Produk teknologi juga begitu, mudah sekali booming tapi mudah juga turun lantaran ada teknologi baru yang menggantikannya.

Standar

6 thoughts on “Scalable and Sustainable

  1. ALhamdulillah, Usaha saya insyaallah Scalable dan Sustainable. Usaha saya Kurir dan Ekspedisi Bang. Namanya Kurir TOP Surabaya. .Mohon doanya agar bisa berkembang. Makasih Bang Roni…. Zangat MENGINSPIRASI !

    Suka

  2. benar mas, itu masalahnya, kadang perusahaan kecil selalu kesulitan untuk memperbesar skala usaha karena maslaah bahan baku dll, yah mungkin memang usaha kecil ya tetap keciklah

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s