Life

Bekerja Dengan Cinta

Setiap akhir pekan saya dan keluarga sering menghabiskan pagi di Ecopark Ancol. Ini taman favorit saya untuk jalan kaki sambil bermain dengan anak-anak.

Karena dekat dengan Pasar Seni, saya menawarkan anak-anak untuk kursus melukis privat dengan salah seorang seniman di sana dan disambut dengan antusias oleh mereka.

Sambil menemani mereka latihan menggambar, saya berbincang dengan sang seniman, sebut saja namanya Mas Tono.

Kami berbicara ngalor ngidul, mulai dari apresiasi seni, Van Gogh, Da Vinci, Affandi sampai persoalan hidup dan spiritual.

Saya menyimpulkan Mas Tono ini sudah tidak lagi mengejar materi dalam hidupnya. Ia menjalani hidup dengan menikmati kekinian.

“Saya sudah melewati masa mengejar materi, Mas. Sekarang yang penting buat saya adalah menikmati apa yang saya kerjakan. Saya berusaha mengerjakan segala sesuatunya dengan cinta,” demikian ungkapnya.

Nah, itulah kata kunci dari perbincangan ngalor-ngidul kami.

Bekerja dengan cinta, tak peduli lagi dengan hasil materi yang didapat. Tak peduli lagi dengan penilaian dan perbandingan sosial yang kerap men-drive kita untuk selalu menginginkan lebih dan bekerja lebih yang kadang tidak membawa kita ke mana-mana.

Kompas lebih penting daripada peta. Saya kira Mas Tono ini sudah menemukan kompas hidupnya.

Standar

6 thoughts on “Bekerja Dengan Cinta

  1. Ibrahim Mochamad berkata:

    Pak Roni, kenapa Pak tidak menulis lagi di milis tda? artikel-artikel Bapak saya nanti di milis, sederhana tapi pesannya mendalam.

    Dan juga Pak Roni adalah ‘ruh’nya tda, pembentuk kultur.

    Suka

  2. cinta adalah salah satu sumber energi, seandainya bisa diubajh dalam bentuk baterei seperti power bank ya, maka orang2 akan sangat menghargai bahwa cinta itu sangat mahal

    Suka

Tinggalkan Balasan

