Life, Mindset

Menyambut Tahun Baru, Haruskah dengan Target Pencapaian Saja?

Saya orang normal, punya banyak keinginan dan target-target dalam hidup. Ingin lebih ini, ingin lebih itu. Pokoknya ingin selalu lebih dan lebih lagi.

Namun, saya juga terpikir kenapa kita harus mengejar target pencapaian terus? Jangan salah paham, saya tidak anti dengan mengejar pencapaian. Saya juga bagian dari itu.

Maksud saya, kenapa sedikit sekali yang mengajak atau bertekad untuk menikmati yang sudah dicapai?

Sebab, kalau kita selalu didorong untuk pencapaian yang lebih dan lebih terus, kita jadi kurang menikmati dan mensyukuri apa yang sudah dicapai. Mencapai dan menikmati pencapaian harus sejalan, satu tarikan napas. Bukankah menikmati pencapaian itu juga adalah bentuk dari rasa syukur?

Beberapa pemikiran sederhana contoh target menikmati pencapaian yang terpikir oleh saya:

– Menikmati rumah hasil jerih payah dengan merawat dan membuatnya nyaman ditinggali

– Menikmati mobil yang cukup bagus dengan lebih sering bersilaturrahim dengan keluarga dan kerabat

– Menikmati rezeki yang didapat dengan berbagi kebahagiaan dengan orang terdekat atau kerabat

– Mensyukuri nikmat kesehatan dengan menerapkan gaya hidup sehat, tidur cukup, makan sehat dan banyak bergerak

– Mensyukuri nikmat pengetahuan dengan berbagi dan menginspirasi orang lain

– Mensyukuri waktu luang yang tersedia dengan menikmatinya bersama keluarga dan bermanfaat juga bagi orang banyak

Semua hal yang saya tuliskan bersifat non materi. Tapi coba dipikir, kenikmatan atau kebahagiaan itu dirasakan ketika kita merasakan aspek non materi dari sebuah kepemilikan. Rumah yang mewah adalah materi, tapi rasa tenang dan bahagia berada di dalamnya adalah non materi.

Standar

3 thoughts on “Menyambut Tahun Baru, Haruskah dengan Target Pencapaian Saja?

Tinggalkan Balasan

