Books and Learning, Life, Parenting

Less Control dan Let Go dalam Parenting

Melanjutkan cerita kemarin soal less control atau let go.

Ini kaitannya dengan dunia parenting.

Saya terkesan dengan gaya parenting seorang teman yang menurut saya keren.

Tidak seperti orang tua lain yang serba mengurus dan mengontrol tetek bengek urusan anaknya, teman ini justru sebaliknya membiarkan anaknya bebas dan mandiri. Salah satu risikonya, ia dilabeli ibu yang cuek dengan anak.

Jaman sekarang soal urusan anak sekolah yang paling ribet adalah ibunya. Mulai dari bangun tidur, mandi, menyiapkan makanan, menyiapkan perlengkapan sekolah, mengantar, bahkan menunggui sampai menjemput pulang sekolah.

Teman ini tidak melakukan semua itu.

Misalnya, soal bangun pagi, ia membiarkan anaknya bangun sendiri tanpa dibangunkan. Ketika telat bangun si anak akan merasa bersalah dan memperbaiki diri selanjutnya. Dan memang itulah yang terjadi.

Demikian juga dengan segala perlengkapan sekolah, semua disiapkan sendiri. Ia membiarkan saja beberapa item yang terlupa dan seperti keyakinannya, keesokan harinya si anak akan lebih hati-hati. Dan itu pun terjadi.

Anaknya menjadi mandiri, punya disiplin diri, belajar dari kesalahan dan menerima konsekuensinya. Bahkan ia menjadi lebih dewasa sikapnya dibandingkan teman-teman sekelasnya. Ia sering dijadikan leader atau penengah konflik di kelas oleh gurunya.

Itu semua adalah bekal life skill yang berharga buat si anak dalam mengarungi kehidupan sampai dewasa nanti.

Standar

5 thoughts on “Less Control dan Let Go dalam Parenting

  1. entah kenapa tulisan-tulisan uda yang satu ini meskipun singkat dan sederhana namun energi tulisannya itu kerasa ke saya sebagai pembaca. terima kasih uda

    Suka

  2. Nah, inilah yang dilakukan orang tua saya sewaktu membesarkan saya dan adik2 dulu. Dituntut untuk bisa mandiri dan bertanggungjawab terhadap hidupnya sendiri. Mantab!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s