Life, Mindset, Parenting

Tentang Kebiasaan Mudah Menyalahkan Orang Lain

Saat sarapan buah di halaman depan sambil manggut-manggut mendengarkan alunan indah dari gitaris Pat Metheny dan pianis Brad Mehldau, tiba-tiba saya didatangi oleh dua orang prime customer, Vito dan Vino dengan tergopoh-gopoh.

Pasti ada yang nggak beres nih, batin saya.

“Tadi Vino nyalahin Vito,” seru Vito (6 tahun) si sulung. Rupanya ini persoalannya.

“Tapi Vino lupa,” tukas Vino (4 tahun) adiknya membela diri.

Ini to persoalannya. Saya tersenyum dan menimpali, “Oke, gak apa-apa, tapi lain kali ingat ya.”

Mereka pun puas setelah dapat statement menyenangkan dari saya.

Memang saya memberikan aturan baru kepada mereka untuk tidak boleh menyalahkan orang lain. Ini jadi KPI penilaian perilaku mereka untuk dapat rewards seperti jalan-jalan dan dibelikan mainan Lego Chima.

Kebiasaan mudah menyalahkan orang lain itu sangat berbahaya jika dibiarkan sampai besar nanti. Mereka akan sulit berkembang dalam bidang apa pun kelak.

Maka sejak awal saya berusaha mengantisipasinya dengan cara yang sederhana seperti ini. Bahwa menyalahkan orang lain itu terlarang bagi mereka.

Saya belum menjelaskan secara detil alasan apa dan mengapanya, karena ini masih abstrak buat mereka. Yang penting mereka terbiasa dulu, kemudian baru paham seiring waktu.

Standar

4 thoughts on “Tentang Kebiasaan Mudah Menyalahkan Orang Lain

  1. Saya secara pribadi sangat termotivasi setiap pagi menerima dan membaca tulisan mas, rasanya seperti menerima petuah dr ortu. Saya berharap sebanyak mungkin saudara2 kita yg bisa merasakan petuah yg sangatberharga. Mohon ijin bolehkah saya menshare petuah mas setiap hari di web saya..www.gardanusantaraonline.com. Web saya byk diakses oleh saudara2 kita di sejumlah pulau terpencil diwilayah laut cina selatan yg luas…smoga mereka jgbisa menikmati petuah mas RYZ.. Trims

    Suka

Tinggalkan Balasan

