Business, Life

Bekerja Secara Remote

Di pagi yang gerimis ini saya terpikir buku yang sedang dibaca.

Judulnya Remote by Jason Fried. Ia mengajak pembaca untuk mulai bekerja dari rumah saja atau di mana saja, tanpa kantor.

Argumennya cukup meyakinkan.

Perjalanan ke kantor itu melelahkan, menguras waktu dan biaya. Padahal bekerja di kantor itu belum tentu produktif (untuk jenis bisnis dan pekerjaan tertentu). Di kantor terlalu banyak meeting yang tidak perlu dan banyak juga interupsi dan distraksi yang mengurangi produktifitas. Di J.C. Penney ditemukan fakta bahwa 30% waktu karyawan dihabiskan untuk mengakses Youtube.

Ia pun berargumen bahwa waktu produktif yang menghasilkan ide cemerlang justru sering terjadi bukan di kantor, tapi di kafe setelah pulang kantor, di taman, di dapur, di teras rumah, di gym, atau saat liburan/jalan-jalan. Peak performance seseorang itu belum tentu di jam 9 to 5 itu.

Bekerja dengan kantor yang jauh dari rumah itu juga banyak kerugian lain yang langsung atau pun tidak langsung. Mulai dari biaya, kelelahan, stress, ketidakbahagiaan bahkan sampai meningkatkan perceraian. Dampak lingkungan juga mengikuti dengan tingginya konsumsi bahan bakar.

Saya pun mengamini pemikiran founder 37signals.com ini. Untuk pekerjaan tertentu memang harus dilakukan di kantor. Namun banyak pekerjaan lain yang bisa dilakukan di luar kantor dengan alat bantu teknologi yang ada saat ini.

Seorang disainer misalnya, tidak perlu harus ke kantor setiap hari. Ia bisa melakukannya di mana saja. Yang penting kerjanya selesai dengan cemerlang.

Pagi ini hujan lagi. Sudah pasti jalanan macet karena banyak titik genangan air. Sudah pasti beberapa karyawan akan memberi kabar keterlambatannya.

Ide bekerja secare remote atau jarak jauh ini mungkin perlu diterapkan di Jakarta yang carut marut dan kemacetannya begitu menantang ini.

Standar

6 thoughts on “Bekerja Secara Remote

  1. Hari ini juga saya bekerja dari rumah mas. Kebetulan karena juga punggung yg sedang sakit karena keseleo.

    Tapi ini tidak mengurangi kualitas pekerjaan semisal saya berada di kantor. Karena ya itu tadi, dgn kemajuan teknologi, beberapa hal bisa dilakukan dengan lebih mudah dari jauh tanpa harus berada di lokasi kegiatan.

    Nice post mas…
    Thanks.

    Suka

  2. Bener pak banyak sekali pengalih perhatian saat kerja di kantor. hihi berharap semoga di jaman teknologi informasi yang maju ini kantor banyak yang menerapkan remote office ini hehehe

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s